Apakah Emas Bisa Menjadi Investasi Pelindung Nilai yang Aman?

Tahukah kamu? Sejak dahulu kala emas menjadi investasi yang paling diminati banyak orang bahkan termasuk orang tua kita. Banyak orang yang menyimpan uang mereka dengan cara membeli emas untuk jangka panjang baik dalam bentuk emas batangan ataupun emas perhiasan.

Salah satu tujuan orang tua kita menyimpan uang dalam bentuk emas berguna untuk mempersiapkan dana pendidikan anaknya. Dari tingkat sekolah hingga kuliah. Agar semua kebutuhan dimasa depan dapat direncanakan dengan baik.

Apakah aman menempatkan uang simpanan jangka panjang dalam bentuk emas? Tentu saja aman. Perlu kamu ketahui bahwa emas adalah asset pelindung nilai. Apa maksudnya?

Jadi begini, emas sudah dari sejak jaman dahulu dikenal sebagai asset pelindung nilai dari inflasi. Apa itu inflasi? meningkatnya harga-harga kebutuhan setiap waktunya. Jadi kekayaan kita yang disimpan dalam bentuk emas nggak akan berkurang nilainya malah terus bertambah setiap tahunnya.

1. Emas Sebagai Pelindung Asset

Ketika inflasi per tahun mengalami kenaikan dan penurunan, kenaikan harga emas juga selalu diatas nilai inflasi terebut. Sehingga emas menjadi alat investasi yang sangat aman buat dikoleksi.

Karena aman, maka itu, orang tua kita menggunakan emas sebagai proteksi uangnya untuk banyak kebutuhan. Selain sebagai pelindung nilai, emas juga menjadi investasi yang relatif mudah. Nggak seperti investasi lainnya yang harus membutuhkan waktu untuk memahaminya.

Bagaimana dengan investasi lainnya? Seperti halnya tanah dan properti. Tapi perlu diingat bahwa investasi ini mempunya risiko yang lebih besar berbeda dengan emas. Emaspun sangat lebih mudah dalam menjualnya jika dibandingkan dengan lain.

2. Emas Sebagai Pelindung Kekayaan

Berbicara mengenai risiko juga akan membuat keputusan yang berbeda pula dalam pilihan berinvestasi masing-masing individu. Namun, lindung nilai atas emas hanya sebagai upaya untuk meminimalisasi kerugian atas risiko perubahan harga atau inflasi yang mengalami kenaikan. Sementara itu, terhadap resiko lainnya mungkin saja masih ada ketika pemilik dana membeli emas. Namun demikian terdapat kemungkinan pemilik dana akan terbebas atas risiko penurunan nilai akibat kenaikan harga secara umum akibat adanya inflasi.

3. Emas Bukan Produk Perbankan

Emas yang kamu miliki saat ini merupakan aset yang diluar pengaruh sistem dunia perbankan. Kita tahu bahwa dunia perbankan diseluruh dunia tanpa terkecuali negara maju sekalipun selalu dihantui krisis dari waktu ke waktu. Dengan cara memiliki emas kamu akan terbebas dari pusaran krisis perbankan yang bisa muncul kapan saja dan dimana saja sewaktu-waktu. Tidak hanya krisis perbankan tetapi emas juga menjadi asset yang aman ketika terjadi ketidakpastian antar ekonomi yang tinggi seperti saat ini dimana terjadi perang dagang antar negara.

Dengan beberapa keuntungan yang disebutkan diatas bisa dipastikan bahwa emas menjadikan investasi yang aman dalam keadaan apapun sehingga dapat dikoleksi oleh siapapun dan kapanpun.

Masih ragu untuk beli emas?


Tamasia adalah aplikasi beli emas online logam mulia yang bisa digunakan untuk tabungan emas atau investasi emas jangka panjang dimana saat ini bekerja sama dengan Antam sebagai tempat penyimpanan emas. Kamu bisa beli emas mulai dari Rp 10.000 dan langsung dikonversikan ke dalam bentuk saldo gram tanpa ada biaya simpan. Sehingga setelah mencapai satuan gram minimal 1 gr bisa dicetak dan diterima secara fisik ke alamat kamu. Download Gratis sekarang di Google Play atau di App Store.

Facebook Comments

Share your thoughts