3 Tips Mengelola Gaji Kecil Setiap Bulan, Begini Caranya!

Bagi sebagian orang mengelola gaji yang didapatkan setiap bulan bukanlah hal yang mudah. Harga kebutuhan pokok setiap tahunnya mengalami kenaikan akibat inflasi. Padahal belum tentu gaji setiap tahun mengalami kenaikan diatas kenaikan harga pokok.

Alhasil tidak sedikit dari kita mulai mengeluhkan bagaimana membengkaknya pengeluaran. Seperti peribahasa besar pasak daripada tiang. Tapi tidak sedikit juga yang mengeluh tentang besaran jumlah gaji.

Memang, nominal gaji yang kecil terkadang tidak bisa mencukupi semua kebutuhan setiap bulannya. Itulah menjadi alasan utama banyak orang yang mengeluh dengan pendapatannya. Padahal ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memenuhi kebutuhan bulanan.

Dengan catatan bahwa bisa menerapkan perencanaan keuangan dengan baik sejak awal mendapatkan gaji agar dapat digunakan dengan bijak yang paham pentingnya prioritas antara kebutuhan dan keinginan.

Ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk mengelola gaji:

1. Membuat Alokasi Dana

Saat menerima gaji bulanan hal yang harus pertama kamu lakukan adalah melakukan alokasi dana. Berapa persen yang ideal dalam mengalokasikan dana? Menurut para perencana keuangan profesional, standartnya dalam mengalokasikan dana dimana 50% dari gaji untuk konsumsi, 30% untuk cicilan dan 20% untuk investasi dan tabungan.

Apa untungnya mengalokasikan dana? Tentu saja banyak sekali. Dengan mengalokasikan dana dari awal maka kita belajar untuk disiplin dalam menggunakan uang yang kita miliki. Awal dari perencanaan keuangan yang efektif dan efisien adalah paham dan bijak dalam menggunakan uang sesuai dengan rencana yang sudah dibuat.

Alokasi dana juga diperlukan untuk menjauhkan dari sifat impulsif dalam membelanjakan uang. Menghindari sifat impulsif sangat perlu dilakukan agar dapat membedakan keinginan dan kebutuhan. Ini merupakan langkah awal menghindari sifat boros yang memberantakan rencana keuangan dari awal.

2. Sisihkan Uang dengan Menabung di Awal Gajian

Setelah mengalokasikan dana yang sudah dijelaskan sebelumnya maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah langsung menyisihkan uang dengan cara menabung sebelum digunakan untuk konsumsi dan kebutuhan lainnya. Kebiasaan ini masih jarang dilakukan dikarenakan salah satu kebiasaan orang-orang saat ini adalah menyisihkan uang di akhir bulan atau menunggu uang sisa.

Padahal, salah satu keuntungan menyisihkan uang di awal gajian adalah uang tersebut aman ditabungan yang nanti bisa juga untuk menjadi dana darurat yang kebutuhan-kebutuhan mendesak. Oleh karena itu, menyisihkan uang di awal memang sangat perlu dalam mengelola gaji.

Salah satu tabungan yang dapat kamu gunakan saat ini adalah tabungan emas. Tabungan emas kekinian saat ini adalah tabungan emas di Tamasia. Selain dapat mengamankan uang mu dari inflasi, kamu juga dapat menggunakan tabungan emas menjadi investasi jangka panjangmu.

3. Catat Setiap Pengeluaran

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mencatat pengeluaran harian mu selama sebulan. Dengan melakukan pencatatan maka kamu akan dapat terarah dan paham kemana saja uang yang kamu gunakan. Jika ada pengeluaran-pengeluaran yang tidak berguna maka dapat langsung kamu hentikan.

Untuk mencatat pengeluaran dapat kamu gunakan buku atau aplikasi mobile yang sudah banyak saat ini. Jadi tidak ada alasan untuk malas dan ribet dalam mencatatkan pengeluaran. Biasanya, ketika sedang melakukan pencatatan ini sering terjadi penyesalan saat melihat catatan tersebut. Kebiasaan ini akan membuatmu lebih bijak dalam menggunakan uang dan bisa terbiasa untuk tidak mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang tidak perlu.

Tidak ada salahnya untuk melakukan tiga cara diatas untuk melatih diri dalam mengelola uang. Berapapun gaji baik kecil maupun besar yang didapatkan asal dapat disiplin maka dapat menghindari kesalaha-kesalahan dalam mengelola uang agar gaji yang didapat tidak selalu merasa kurang.

Jadi, tunggu apalagi?

——-

BACA JUGA:

 Benarkah Lebih Baik Beli Emas daripada Menabung Uang di Bank?

Cara Wujudkan Pergi ke Tanah Suci di Umur 30 Tahun

Saatnya Punya Sepatu Emas Seperti Pemain Sepak Bola. Caranya?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts