3 Tips Hindari Boros Dalam Mengelola Gaji Bagi Para Fresh Graduate

Seorang fresh graduate yang telah menyelesaikan masa studi kuliah memang menjadi kebanggaan tersendiri dengan status baru yang dimilikinya. Tidak hanya itu saja sebagai fresh graduate, kamu akan memasuki dunia baru yang tentu saja berbeda dari dunia kuliah yang dimana sudah bekerja dan memiliki gaji sendiri.

Memasuki dunia kerja yang lebih dinamis yang dimana yang awalnya menjadi mahasiswa dengan keuangan yang terbatas lalu berubah memiliki penghasilan sendiri setiap bulannya. Sayangnya tidak semua lulusan baru dibekali oleh pengetahuan yang baik dalam mengelola penghasilannya.

Pengetahuan yang minim dalam pengelolaan gaji akan berdampak sulitnya terhindar dari sifat boros. Apalagi jika masa-masa awal bekerja banyak sekali hal yang ingin dilakukan seperti berlibur dan makan-makan bersama teman dan keluarga.

Dengan banyak hal yang ingin dilakukan maka tidak jarang pengeluaran akan lebih besar dari pemasukan. Bagi kamu para fresh graduate ada tips yang dapat kamu terapkan agar terhindar dari sifat boros

1. Punya Perencanaan Keuangan Sejak Gaji Pertama Sebagai Fresh Graduate

Gaji Fresh Graduate

Pengetahuan tentang perencanaan keuangan untuk seorang fresh graduate memang masih minim. Bagi sebagian orang menganggap bahwa perencanaan keuangan berguna ketika sudah berkeluarga padahal dari sejak awal umur 20 an memang sudah sangat diperlukan agar terhindar dari sifat boros.

Apalagi euforia gaji pertama yang didapatkan fresh graduate dapat membentuk kebiasaan untuk menghabiskan seluruh gaji untuk hal-hal konsumtif. Biasanya dikarenakan euforia tersebut maka mulai membentuk pola pikir untuk pembenaran menghabiskan uang hasil keringat sendiri bahkan dapat berlanjut pada bulan-bulan berikutnya.

Perencanaan keuangan yang baik dan benar dapat mencegah hal-hal tersebut. Dengan memiliki perencanaan keuangan maka kamu akan mencapai tujuan finansial yang ingin kamu kejar kedepannya tidak habis hanya untuk kegiatan konsumtif.

Langkah awal yaitu tentukan tujuan finansialmu untuk satu sampai lima tahun kedepan. Kemudian tentukan besaran nominal yang ingin dicapai dengan melakukan alokasi anggaran agar tidak habis untuk konsumsi. Dengan menentukan tujuan diawal maka dapat memotivasimu untuk disiplin mengatur uang agar disiplin dalam menabung.

Mulai belajar cara mengelola uang dari gaji mu. Berapapun gajimu saat ini maka harus pintar dalam mengelola agar tujuanmu mudah tercapai.

2. Seorang Fresh Graduate Wajib Menyesuaikan Gaji dengan Gaya Hidup yang Dimiliki

Gaji Fresh Graduate 02

Tidak sedikit dari para fresh graduate yang terlena dengan euforia gaji pertama. Biasanya ditahap ini maka banyak fresh graduate yang tidak menghiraukan besaran gaji yang dimiliki dengan gaya hidupnya.

Rata-rata fresh graduate memang tidak memiliki gaji setara dengan posisi lain yang sudah berpengalaman. Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah menyesuaikan pengeluaran untuk haya hidup dengan gaji bulanan yang dikelola.

Pengeluaran untuk gaya hidup dari nongkrong tiap hari bersama rekan kerja, membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, dan segala aktifitas konsumtif lainnya.

Maka dari itu haruslah pintar-pintar mengukur besaran biaya gaya hidup agar tidak boros.

3. Sisihkan Uang Untuk Menabung dan Investasi

Gaji Fresh Graduate 03

Selain pemahaman perencanaan keuangan yang baik terbatas, pemahaman pentingnya menabung dan investasi juga demikian. Pemahaman yang terbatas ini bisa membawa fresh graduate lebih mementingkan budaya hidup konsumtif daripada produktif.

Banyak yang lebih senang menghabiskan gaji bulanan untuk membeli pakaian daripada berinvestasi seperti emas. Padahal dengan investasi maka uang mu akan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Investasi tidak membutuhkan dana yang besar, bahkan dari 10 ribu pun kamu sudah bisa berinvestasi emas melalui Tamasia setiap saat tanpa harus menunda kendala nominal. Asal rutin sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit.

Mulai berinvestasi akan menjauhkanmu dari sifat boros. Berapapun gaji mu sebagai fresh graduate jangan pernah untuk menunda berinvestasi.

Hindari sifat boros mulai sekarang dengan melakukan perencanaan keuangan yang baik hingga tidak menunda untuk memulai berinvestasi.

Semua itu dapat fresh graduate lakukan asalkan kuncinya adalah komitmen dan konsisten dalam menjalankannya. Selamat mencoba!

——-

BACA JUGA:

 Bagaimana Dinar Dirham Menyelamatkan Masa Depanmu

Menjadi Millennial Mapan, Apa Saja Persiapannya?

Nikah Biaya Sendiri? Menabung Dulu, Begini Caranya

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts