Tips Perayaan Nikah yang Tidak Memberatkan dengan Bujet di Bawah 10 Juta

By April 20, 2018Perencanaan Keuangan

Ada dua tipe pasangan. Pasangan pertama yang mengejar sukses dulu baru menikah. Atau, pasangan kedua yang menikah dulu baru mengejar sukses.

Alkisah pasangan pertama, setelah bertahun-tahun bekerja keras, LDR-an, risi dengan pertanyaan template “Kapan nikah?”; akhirnya memutuskan untuk berumah tangga. Menggunakan sebagian hartanya untuk menyelenggarakan pesta impian dan duduk berdua di pelaminan. Sedikit tua, selama single agak menderita, tetapi akhirnya bahagia.

Alkisah tipe pasangan kedua, baru saja menyelesaikan pendidikan tinggi, sering ngacir menunggu panggilan interview, setiap hari berlagak sibuk sebagai freelancer; ingin segera berumah tangga. Berbekal niat kuat dan sedikit nekat, mereka duduk di bangku pelaminan. Sedikit miris, tetapi kalau sudah cinta, kita bisa apa?

Well, kita tidak bisa mengatakan tipe pertama lebih baik dari tipe kedua atau sebaliknya. Keduanya sama-sama meyakini apa yang mereka anggap benar. Namun, kalau kamu harus memilih, kira-kira tipe mana yang akan kamu pilih?

Artikel ini akan berusaha membantu pasangan tipe kedua memperoleh inspirasi pernikahan yang tidak memberatkan. Berikut tiga ide pernikahan dengan bujet 10 juta rupiah untuk mereka yang ingin segera halal dengan pasangannya.

1. Menikah di Masjid atau Gereja

Ketika memutuskan untuk menikah sedangkan kondisi keuangan masih lemah, kamu harus berani memutuskan apa yang paling penting untuk dilakukan. Pesta atau janji dihadapan-Nya?

Pesta dan perayaan besar dapat kamu sisihkan asalkan apa yang utama sudah dijalankan. Mengucapkan kalimat Ijab dan qobul atau melakukan pemberkatan sudah cukup untuk mengabulkan niat suci kamu untuk menikah.

Bagi mempelai pria, jangan lupa untuk menyiapkan mahar atau seserahan untuk pengantin wanita. Pilihlah mahar yang mengandung arti filosofi agar pernikahan kamu semakin sakral. Mengundang keluarga inti dan sahabat terdekat sebagai saksi hari bahagia kamu, akan membuat rangkaian prosesi terasa dekat dan penuh arti. Sebagai ucapan terima kasih atas doa yang diberikan selama prosesi, kamu dan pasangan dapat menyiapkan suvenir untuk para tamu undangan.

*Estimasi biaya:
Venue: – (beberapa tempat ibadah mungkin mengharuskan uang sumbangan seikhlasnya)
Katerin: < Rp 1.000.000,00 (untuk 20 orang tamu dengan harga Rp 50.000,00/porsi)
Busana: –
Mahar dan seserahan: sesuai kemampuan
Lain-lain: Rp 600.000,00 biaya pengurusan dokumen
Total: < Rp 10.000.000,00

2. Syukuran Bersama Anak Yatim Piatu

Menggelar pesta pernikahan setelah akad nikah atau pemberkatan dengan menyantuni anak yatim piatu, akan menambah sakral rangkaian prosesi nikah kamu. Dimulai dengan mencari yayasan dan informasi terkait jumlah penghuni yayasan. Ajukanlah permohonan izin untuk menyelenggarakan acara syukuran di yayasan tersebut. Atau, jika kamu lebih memilih melakukan syukuran di rumah, mintalah izin untuk mengundang anak-anak tersebut ke rumah kamu.

Jika kamu ingin berbagi kebahagiaan dengan cara membagikan makanan, cari tahu terlebih dahulu jenis olahan apa yang mereka suka. Cari tahu pula informasi mengenai makanan yang “dilarang “ oleh yayasan serta informasi tambahan terkait alergi, kemungkinan lactose intolerant, dan sebagainya. Terakhir, siapkan bingkisan manis untuk dibagikan kepada anak-anak yatim piatu di akhir acara.

*Estimasi biaya:
Venue: –
Katering: < Rp 6.000.000, (untuk 150 orang tamu dengan harga Rp 40.000,00/porsi)
Busana: –
Mahar dan seserahan: sesuai kemampuan
Lain-lain: < Rp 2.000.000,00 (biaya pengurusan bingkisan/ souvenir untuk 150 tamu)
Total: < Rp 10.000.000,00

3. Perayaan Sederhana dengan tema Garden Party Setelah Prosesi Akad Nikah/Pemberkatan

Inspirasi pernikahan dengan bujet 10 juta lainnya dapat kamu gelar di kebun belakang rumah. Undang kerabat dan sahabat terdekat untuk merayakan perayaan sederhana bertema Garden Party yang dilanjutkan dengan makan malam bersama.

Dengan sedikit bantuan referensi dari Pinterest, kamu dapat menyulap kebun belakang dengan gaya rustic yang romantis. Siapkan bangku dan meja panjang dengan cara menyewanya di vendor pernikahan. Tambahkan sentuhan personal dengan memajang koleksi foto polaroid kamu dengan pasangan di beberapa titik focal. Buat keseluruhan tampilan semakin manis dengan menambahkan rangkaian bunga hidup di berbagai sudut dan juga di atas meja. Tambahkan lilin ornamen di antara rangkaian bunga. Gantung lampu-lampu ber-¬tone hangat untuk kesan lebih intim dan elegan.

Kamu dapat menyusun perayaan sederhana ini dengan beberapa acara inti seperti sambutan, pembacaan janji pernikahan, pembacaan testimoni dari keluarga dan sahabat, makan malam malam, dan doa penutup. Mintalah bantuan teman atau kerabat untuk memandu acara spesial tersebut. Juga, siapkan hiburan berupa games seru dan panggung kecil bagi mereka yang ingin menyumbangkan lagu.

*Estimasi biaya:
Venue: – (It’s your house, duh!)
Katering: < Rp 3.000.000,00 (untuk 30 orang tamu dengan harga Rp 50.000,00 hingga Rp100.000,00 per porsi)
Busana: –
Mahar dan seserahan: sesuai kemampuan
Lain-lain: < Rp 4.000.000,00 (biaya sewa meja dan kursi serta dekorasi rustic)
Total: < Rp 10.000.000,00

Menikah adalah sebuah keputusan besar. Di dalamnya terdapat tanggung jawab sang suami dan istri terhadap satu sama lain dan juga terhadap Tuhannya. Tidak peduli apakah kamu sudah sukses atau masih menenteng map kuning kesana kemari, jika hati kamu mengatakan untuk menikah, maka lakukanlah. Lakukanlah dengan niat ibadah. Tidak perlu menunggu mapan atau sukses, karena sukses bisa menyusul. Juga, karena makna sukses itu bergantung dari cara kamu mengejanya. Semoga tiga ide di atas dapat menginspirasi. Selamat berbahagia, lovebirds! 🙂


Meskipun bujet terbatas dan acara yang sederhana, kamu tetap bisa kasih mahar yang unik dan berharga dalam bentuk emas murni. Di Tamasia kamu bisa beli emas buat mahar pernikahan kamu dalam jumlah dan ukuran keping yang kamu inginkan. Donwload aplikasinya sekarang:

Download Aplikasi Android TamasiaDownload Aplikasi iOS Tamasia

Facebook Comments

Leave a Reply