Nikah dengan Biaya Sendiri? Menabung Dulu, Begini Caranya

By April 4, 2018Perencanaan Keuangan

Menikah adalah keputusan yang besar. Menikah berarti membagi hidup dengan orang lain untuk dinikmati bersama-sama.

Sebagai simbol memasuki gerbang pernikahan, biasanya pasangan akan menggelar acara pernikahan. Para tamu diundang di gedung atau rumah yang dihias indah. Makanan-makanan lezat disajikan. Semuanya terasa meriah.

Namun, untuk mencapai titik itu tidaklah mudah. Apalagi jika orangtua bukan golongan konglomerat yang memiliki kekayaan melimpah. Ini berarti, kedua calon mempelai harus berjuang bersama-sama untuk mewujudkan pernikahan impian mereka.

Bagaimana caranya? Ya, dengan menabung. Ini dia beberapa tips menabung supaya dapat melangsungkan pernikahan idaman.

1. Buatlah Rekening Bersama

Ketika sudah menikah, uang suami dan istri akan menjadi satu dan digunakan untuk menjalankan roda perekonomian rumah tangga. Nah, konsep ini bisa diadopsi. Anggap saja sebagai media untuk belajar sebelum benar-benar terjun ke dunia yang sesungguhnya.

Ajaklah pasangan untuk menabung secara rutin setiap bulan dan memasukkannya ke rekening bersama. Jika tergoda untuk menggunakannya, salah seorang harus berani untuk menegur supaya uang tersebut tetap aman dan benar-benar digunakan untuk tujuan awal.

2. Kurangi Intensitas Kencan Mewah

Kencan di bioskop dan nongkrong di kafe mahal memang menyenangkan. Apalagi jika aktivitas tersebut dilakukan bersama pasangan. Percaya deh, rasanya alam semesta hanya ditempati oleh berdua saja. Namun, ingat kembali tujuan utama, yaitu membawa hubungan ke arah yang lebih serius.

Oleh karena itu, mulailah bersikap dewasa. Ambil komitmen untuk tak mudah tergoda bergaul ke tempat-tempat yang menguras kantong. Sebagai gantinya, kamu dan pasangan dapat mencari kegiatan lain yang lebih bermanfaat, seperti mendiskusikan konsep acara pernikahan yang ingin dilangsungkan.

3. Cobalah Berinvestasi

Selain menabung dengan cara konvensional, kamu juga bisa mencoba untuk berinvestasi. Tidak perlu melakukan investasi yang sarat risiko dan justru merugikan. Cukup dengan investasi sederhana seperti beli emas. Dibandingkan menabung di rekening biasa, menabung dalam bentuk emas dalam jangka panjang lebih baik karena lebih tahan terhadap inflasi, lho.

Selain itu, kamu juga bisa menginvestasikan uang untuk bisnis, baik sebagai pelaku bisnis, maupun pemberi modal. Sebagai contoh, kamu bisa membeli seekor kambing, lalu meminta orang lain untuk memeliharanya. Jika kambing tersebut sudah layak jual, keuntungan bisa dibagi bersama. Hasil investasi ini cukup lumayan asal sabar karena butuh waktu.

4. Komitmen Menabung Setiap Bulan

Salah satu hal yang penting ketika memutuskan untuk menabung demi membiayai acara pernikahan adalah komitmen. Dengan komitmen, kamu dan pasangan akan lebih setia menyisihkan uang. Jika salah satu merasa enggan untuk menabung, saling menyemangatilah.

Ingat, kamu dan pasangan akan menikmati hasil komitmen tersebut bersama-sama. Selain itu, proses ini juga dapat melatih komitmen jangka panjang di antara pasangan ketika akhirnya menjadi suami istri.

5. Lakukan Usaha Sampingan

Salah satu alasan seseorang merasa kesulitan menabung kadang kala karena pemasukan yang mepet. Akibatnya, uang selalu habis terpakai untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Daripada komitmen untuk menabung tidak dapat dipenuhi, sebaiknya kamu dan pasangan mulai menggeluti usaha sampingan.

Apa saja usaha yang bisa dilakukan? Pada musim liburan misalnya, kamu bisa membuka stan dan menjual jus segar. Atau, kamu dapat membuka layanan katering jika memiliki passion di bidang masak-memasak. Intinya, galilah bakat dan kemampuan sehingga bisa digunakan untuk menghasilkan uang.

>>> Peluang penghasilan tambahan dari #BeliBerkala

6. Stop Kebiasaan Berbelanja Berlebihan

Bukan hanya wanita, pria juga memiliki kebiasaan buruk berbelanja berlebihan. Kadang kala, pasangan pria dengan royal akan membelikan hadiah kepada pasangan wanita hanya karena ingin dipuji. Ingat, kamu bisa melakukan hal itu sepuasnya jika sudah berumah tangga.

Sekarang, waktunya untuk mengontrol keinginan yang kurang berfaedah sehingga bisa menabung dengan teratur. Bagi wanita, kosmetik sering kali menjadi godaan terbesar. Belilah kosmetik seperlunya dan tabung sisa bujet tersebut untuk persiapan pernikahan.

7. Sisihkan Pemasukan dalam Jumlah yang Tetap

Supaya agenda menabung lebih teratur, ada baiknya kamu menentukan nominal uang yang akan ditabung setiap bulan. Misalnya, kamu dan pasangan setuju menyisihkan Rp200.000 per bulan untuk tabungan nikah. Jadi, dalam setahun, jumlah tabungan Anda sudah mencapai Rp4.800.000. Semakin besar nominal yang disisihkan, semakin cepat pula tabungan akan terkumpul.

8. Kurangi Kebiasaan Jajan di Resto Mewah

Mencicipi masakan lezat dari resto terkenal memang sangat menggiurkan. Momen romantis itu pun pasti akan menjadi momen yang tak terlupakan antara kamu dan pasangan. Namun, sekali lagi, jajan di luar atau makan di resto mewah membuat kamu harus mengeluarkan uang yang tak sedikit.

Bagaimana jika kamu memilih tempat makan sederhana (tetapi tetap enak) untuk menuntaskan rasa lapar? Tampaknya, itu bukan masalah besar. Setidaknya, kamu bisa memiliki pengalaman lain. Nah, akan lebih baik lagi jika kamu mencoba untuk memasak sendiri. Hitung-hitung, kesempatan ini menjadi percobaan awal untuk mengetahui apakah pasangan senang dengan masakan istrinya.

9. Lebih Baik Akhir Pekan Produktif daripada Konsumtif

Terakhir, cara menabung yang efektif bagi pasangan yang ingin menikah adalah memegang prinsip mengisi akhir pekan dengan kegiatan produktif, bukan semata-mata konsumtif. Kamu misalnya bisa berdiskusi dengan pasangan, mengobrol di teras rumah, berkebun bersama, dan sebagainya.

Dengan demikian, kamu bisa lebih hemat uang dan bujet bersenang-senang itu bisa ditabung seluruhnya. Daripada merepotkan orangtua untuk membayar biaya pernikahan, lebih baik merepotkan diri sendiri untuk sementara waktu. Percayalah, hasilnya pasti akan memuaskan. Selamat mencoba.


Oh iya, tahukan kalau kamu bisa #BeliSukaSuka emas mulai dari Rp10.000,- langsung dari aplikasi Tamasia? Yuk, beli emas langsung dari smartphone kamu. Download aplikasi Tamasia Sekarang:

Download Tamasia di Play Store

Facebook Comments

Leave a Reply