Mencengangkan! ATM di Negara Ini Mengeluarkan Emas

By December 4, 2017Berita
ATM Emas

Apabila selama ini Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang biasa ditemukan di jalan atau tempat strategis lainnya hanya mengeluarkan uang, lain halnya dengan yang terjadi di beberapa negara khususnya di kawasan Timur Tengah, sebab ATM di sana mengeluarkan… EMAS!

Penemuan ATM awalnya karena ide bagaimana menciptakan mesin yang mampu mengeluarkan uang tunai, sehingga orang tak lagi perlu setiap saat ke bank untuk melakukan transaksi. Orang yang berjasa dalam perkembangan mesin ATM yang jumlahnya jutaan saat ini adalah seorang pria berkebangsaan Inggris, John Shepherd-Barron.

Sebagai informasi, ATM pertama kali muncul di Amerika Serikat di tahun 1961. Selanjutnya terus berkembang di beberapa negara, yakni Jepang di 1966, Inggris di 1967, dan Swedia di 1968. Di Indonesia, ATM pertama kali dikenalkan di tahun 1987.

Seiring berkembangnya zaman, mesin ATM di masa sekarang tidak hanya mengeluarkan uang. Di beberapa negara bahkan ada ATM yang mengeluarkan emas. Simak beberapa ATM emas di negara-negara berikut:

ATM EMAS Ternama? Ada di Timur Tengah

Uni Emirat ArabAbu Dhabi merupakan ibukota dari Uni Emirat Arab (UEA) dan kota terpadat kedua setelah Dubai. Abu Dhabi terletak di sebuah pulau berbentuk T yang menjorok ke teluk Persia dari pusat pantai barat.

Selain sebagai kota yang makmur, apa yang istimewa dari Abu Dhabi?

Adanya mesin ATM yang mengeluarkan emas! ATM emas di Abu Dhabi merupakan ATM pertama di kawasan Uni Emirat Arab yang dapat mengeluarkan emas batangan dan koin emas.

Tepatnya di lobi Hotel Emirates Palace terdapat mesin ATM emas yang tentu saja menarik perhatian tamu dan pengunjung hotel. Di dalam mesin ATM terdapat 320 jenis emas baik berbentuk batangan atau koin. Bahkan ada emas yang beratnya bisa mencapai 10 gram.

Meski terdapat di Abu Dhabi, namun emas-emas di dalam ATM tersebut didatangkan dari negara yang sama dengan negara pembuat mesin ATM, yakni Jerman. 

Seperti apa gambaran Hotel Emirates Palace?
Emirates Palace merupakan hotel bintang 5 yang berada di Abu Dhabi. Hotel ini disebut-sebut sebagai hotel paling mewah yang ada di Uni Emirat Arab (UAE). Bayangkan, untuk bisa merasakan menginap di hotel Emirates Palaces harga kamar hotel termurah sekitar 4 juta rupiah per malam. Sementara harga kamar paling mahal sekitar 200 juta rupiah per malam.

Apa kecanggihan mesin ATM emas di Abu Dhabi ini?
Selain sistem canggih yang dibenamkan, mesin ATM emas ini juga mampu memperbarui harga emas tiap sepuluh menit sekali mengikuti harga emas internasional.

Bagaimana cara transaksi di mesin ATM emas ini?
ATM menerima transaksi melalui uang dirham ataupun kartu kredit.

ATM EMAS Tertua? Ada di Eropa

ATM emas di London

Ternyata ATM yang mengeluarkan emas pertama kali ditemukan bukan di kawasan Uni Emirat Arab, melainkan di Enfield, London Utara. ATM tersebut milik salah satu cabang dari bank Barclays yang diresmikan pada 27 Juni 1967.

Artinya, usia ATM emas tertua di dunia tersebut usianya sudah memasuki 50 tahun!

Ternyata, ATM emas pertama di dunia tersebut tercetus dari seorang bernama John Shepherd-Barro yang juga penemu mesin ATM.

ATM Emas Termuda? Ada di India

ATM Emas di India

Di tahun 2011, kelompok Gitanjali yang mahsyur sebagai perusahaan perhiasan terbesar di bidang bahan baku berlian dan logam mulia melakukan revolusi proses jual beli logam mulia dan perhiasan dengan mengeluarkan ATM emas pertama di Mumbai, India.

India dipilih sebagai tempat diluncurkannya ATM emas mengingat India merupakan negara konsumen emas terbesar di dunia. Hal ini didasarkan dalam setiap perayaan budaya di India banyak digunakan emas.

Misalnya saja dalam perayaan Diwali. Di hari ini, umat Hindu di India biasanya membeli emas dan perhiasan.

Meski hingga kini baru ada satu mesin ATM emas di India, namun kelompok Gitanjali yakin dan percaya di masa mendatang akan ada sedikitnya 75 mesin ATM emas di India yang ditempatkan di pusat perbelanjaan, kuli-kuil, hingga bandara.

Uniknya, ATM emas di India memungkinkan konsumen bisa memilih 36 produk perhiasan dengan ukuran, desain, dan harga berbeda. Sementara harga perhiasan yang dijual dari harga 20 hingga 600 dolar. Pembayaran pun dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau debit selain pembayaran tunai.

Tidak hanya emas sebagai perhiasan, ATM emas di Mumbai, India menyiapkan ATM emas sebagai toko otomatis bagi mereka yang ingin membeli perhiasan, medali, dan uang emas. Komplit, kan?

 

Selain menyimpan mimpi untuk mampu ke luar negeri, jangan lupa untuk menyiapkan sesuatu yang lebih nyata dari hanya sekadar mimpi. Mau punya emas banyak? Kenapa tidak memulainya dengan sedikit-sedikit, kan lama-lama akan menjadi bukit. Untuk itu jangan khawatir karena ada Tamasia, aplikasi untuk beli emas secara online. Apa? Ya, kamu bisa membeli emas asli Antam dengan kelebihan bebas uang muka dan bisa dicicil! Dapatkan aplikasi Tamasia di Google Play untuk pengguna Android dan Apps Store untuk pengguna iPhone.

Facebook Comments

Leave a Reply