Mencari Alternatif Tabungan Emas di BCA Syariah?

By October 2, 2017Investasi
tabungan emas di bca syariah

Meningkatnya kelas menengah Muslim berimbas pada semakin diliriknya segala yang memiliki nilai-nilai keislaman seperti syariah, halal, tanpa riba, dan sejenisnya. Termasuk pendekatan yang dilakukan oleh beberapa bank konvensional dengan membentuk lini bisnis sendiri berupa versi syariah.

Padahal, beberapa bank seolah hanya menempelkan embel-embel “syariah” dengan manajemen yang masih beririsan dari sistem konvensional perbankan sebagai induknya.

Salah satu produk investasi dari bank syariah berupa investasi di bidang emas. Grup dari bisnis perbankan grup BCA yang meluncurkan BCA Syariah untuk menyasar kelas menengah Muslim tak ingin lepas dari pasar yang kian menjanjikan ini. Dibuktikan dengan meluncurkan produk investasi berupa pembiayaan pembelian emas atau dinamakan Emas BCA Syariah (EMAS iB).

Emas BCA Syariah (EMAS iB) merupakan produk pembiayaan berupa kepemilikan logam mulia (emas) yang dapat dilakukan oleh nasabah dengan menganut akad jual beli (murabahah).

Apa itu akad murabahah? Diambil dari bahasa Arab yang berarti kelebihan dan keuntungan (tambahan). Sementara menurut istilah, murabahah merupakan jual beli barang atau benda sesuai harga asal dengan ditambah keuntungan yang sebelumnya telah disepakati bersama.

Berikut syarat dan ketentuan yang berlaku dalam mengajukan tabungan emas di BCA Syariah:

1. Syarat dan Ketentuan Pembiayaan Emas BCA Syariah (EMAS iB) di BCA Syariah
1 syarat tabungan emas di bca syariah

 

2. Persyaratan Dokumen Pembiayaan Emas BCA Syariah (EMAS iB) di BCA Syariah

2 syarat tabungan emas di bca syariah

 

3. Persyaratan Dokumen Tambahan untuk Pemohon Suami-Istri (Joint Income)

3 syarat tabungan emas di bca syariah

 

4. Biaya-Biaya Pembiayaan Emas BCA Syariah (EMAS iB) di BCA Syariah

4 syarat tabungan emas di bca syariah

 

Sebenarnya, apa manfaat yang benar-benar bisa dirasakan dari melakukan investasi emas?

Jauh sebelum merasakan manfaat langsung melakukan investasi emas, penting untuk mengetahui beberapa fungsi dan kegunaan emas, antara lain:

1. Emas sebagai Alat Tukar

Emas dikenal sebagai salah satu alat tukar dalam perdagangan di zaman dahulu. Kemudian, emas digunakan sebagai alat transaksi. Tidak heran jika uang emas, yakni uang yang berbahan emas, diciptakan dan digunakan sebagai alat tukar dalam transaksi. Akan tetapi uang emas tidak bertahan lama.

Emas pun kemudian beraling fungsi sebagai cadangan devisa negara karena nilai jual yang tinggi dan tidak mengalami penyusutan. Inilah yang membuat emas mahfum digunakan sebagai investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek.

2. Emas sebagai Perhiasan

Sebagaimana perhiasan, emas menjadi sesuatu yang bernilai estetika sehingga banyak orang mengenakan emas baik berupa kalung, gelang, cincin, hingga gigi palsu berlapis emas.

Dalam Islam, menggunakan emas sebagai perhiasan dibolehkan bagi perempuan. Selain berfungsi sebagai penghias diri untuk mempercantik penampilan bagi istri untuk suaminya, perempuan dibolehkan karena unsur emas yang masuk ke dalam tubuh perempuan akan dikeluarkan ketika mereka haid, sebagai sesuatu kotoran.

Lain halnya dengan lelaki. Islam secara keras melarang laki-laki mengenakan emas karena laki-laki tidak mampu mengeluarkan unsur emas yang terserap tubuh sehingga limbah emas terserap di dalam tubuh dan mengakibatkan penyakit serius.

Selain sebagai keindahan, mengenakan emas sebagai perhiasan seolah menunjukkan bahwa pemakainya memiliki hidup yang sudah layak.

3. Emas dalam Bidang Elektronika

Tidak hanya sebagai logam mulia yang berfungsi sebagai perhiasan, emas juga digunakan di dunia industri. Tercatat alat-alat elektronik seperti radio, komputer, dan perangkat lainnya membutuhkan emas sebagai lapisan yang dapat mengantarkan listrik.

Di samping itu, peralatan seperti telepon genggam dan alat elektronik lainnya menggunakan emas sebagai lapisan pelindung. Emas dipilih karena sifatnya yang tahan karat atau tahan terhadap korosi. Di samping itu, emas merupakan penghantar panas yang baik dalam sistem komputer.

Mengetahui semua hal yang berkaitan dengan tabungan Emas di BCA Syariah mungkin terpikir apakah ada alternatif lainnya? Perusahaan yang masih berhubungan dengan jual dan beli emas secara mudah dengan, biaya-biaya yang dipangkas, dan benar-benar sesuai syariah? Kamu bisa pelajari lebih lanjut cara beli emas online di Tamasia untuk temukan jawabannya.

Facebook Comments

Leave a Reply