Jakarta, CNN Indonesia — Data menunjukkan harga emas terus meningkat dalam satu dekade terakhir dan jadi salah satu komoditas yang bisa melawan inflasi. Dikenal dengan nama logam mulia, emas pun kerap dilirik ketika terjadi krisis ekonomi.

Emas juga punya kedekatan kultural dengan masyarakat Indonesia. Orangtua kerap kali menasihati anak-anaknya untuk berinvestasi emas ketimbang menabung di bank. Tak jarang anak perempuan akan diminta untuk membeli perhiasan emas, sebagai cara untuk menabung di hari tua.

Apalagi, emas punya likuiditas tinggi sehingga mudah dicairkan.

Studi Euromonitor International juga mengungkapkan, tahun ini industri emas dan logam mulia akan kembali bertumbuh karena permintaan pasar dan daya beli yang membaik.

Peluang ini yang coba ditangkap Muhammad Assad, Msc, pengusaha muda 29 tahun lulusan S2 terbaik dari Qatar jurusan Islamic Finance (Keuangan Syariah).

Ia mendirikan PT Tamasia Global Sharia dengan branding Tamasia (Tabungan Emas Indonesia) dan masuk ke pasar industri emas sejak Mei 2017.

Pada tahun 2013, Assad yang juga anggota Hipmi Jaya mendapatkan penghargaan 100 The Most Promising Young Indonesian Entrepreneur versi Majalah SWA.

Assad sebelumnya juga dikenal sebagai seorang pengusaha di bawah bendera Rayyan Capital, motivator publik, trainer korporasi dan penulis buku-buku bestseller nasional seperti Notes From Qatar, Sedekah Super Stories dan Breakthrough.

Muhammad Assad, pendiri PT Tamasia Global Sharia yang memiliki branding Tamasia. Muhammad Assad, pendiri PT Tamasia Global Sharia yang memiliki branding Tamasia. (Dok. Tamasia)

Mengenal Tamasia

Tamasia sendiri merupakan perusahaan teknologi dengan platform digital pertama di Indonesia yang menyediakan jasa transaksi emas (jual, beli, titip, simpan) yang dijalankan dengan sistem bisnis syariah.

Tamasia juga dibangun di atas teknologi blockchain atau buku besar yang diakses dan dikelola publik.

Proses pembelian emas di aplikasi Tamasia sangat mudah. Pelanggan yang ingin membeli emas tinggal menentukan jumlah gram emas dan lama waktu angsuran, misalkan membeli 10 gram emas dengan jangka waktu 12 bulan. Lalu memilih pembayaran, bisa secara tunai, transfer atau langsung autodebet dari rekening bank pelanggan.

Tamasia merupakan perusahaan teknologi dengan platform digital pertama di Indonesia yang menyediakan jasa transaksi emas. Tamasia merupakan perusahaan teknologi dengan platform digital pertama di Indonesia yang menyediakan jasa transaksi emas. (Dok. Tamasia)

Semua prosesnya memakan waktu hanya sekitar 5 menit. Jika pelanggan sudah lunas melakukan angsuran pembayaran, fisik emas akan langsung diantarkan Tamasia kepada pelanggan.

“Melalui Tamasia, kami ingin memfasilitasi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki emas dengan cara yang mudah dan murah. Konsep jual-beli emas / logam mulia di kami seperti menabung secara berkala. Dengan nominal angsuran yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 1.000 sehari pelanggan sudah bisa mendapatkan emas. Kami juga memiliki fitur tabungan suka-suka yang bisa disesuaikan dengan kemampuan pelanggan,” kata Assad menjelaskan.

Suplai emas sendiri didapatkan dari PT. Antam, Tbk. Sejak Juni 2017, Tamasia menjadi corporate partner untuk mendapatkan produk emas.

Penandatanganan kerjasama antara Tamasia dengan PT. Antam, TbkPenandatanganan kerjasama antara Tamasia dengan PT. Antam, Tbk (Dok. Tamasia)

 

Muhammad Assad, Founder & CEO Tamasia bersama Bapak Agung, Manager Marketing PT. Antam, TbkMuhammad Assad, Founder & CEO Tamasia bersama Bapak Agung, Manager Marketing PT. Antam, Tbk(Dok. Tamasia)


Assad melanjutkan, Tamasia memiliki 3 keunggulan sebagai nilai tambah (value added). Pertama, menggunakan aplikasi teknologi yang canggih, aman dan mudah digunakan. Kedua, model bisnis dijalankan secara syariah sehingga tercipta keadilan dan tidak membebani pelanggan, seperti tidak ada denda jika telat mengangsur dan pengembalian uang jika pelanggan membatalkan pembelian emas. Ketiga, kami menawarkan kerjasama bagi jutaan masyarakat Indonesia yang ingin berwirausaha dan menambah penghasilan dengan menjadi reseller/agen produk emas Tamasia.

“Kami ingin memberikan user experience bagi setiap pelanggan yang ingin membeli emas,” ujar Assad.

Tamasia menyasar semua lapisan masyarakat, dari kelas A, B, C & D, baik pengusaha, profesional, karyawan, ibu-ibu pengajian, buruh, pekerja, sampai anak-anak muda atau yang lebih dikenal dengan sebutan generasi millennials.

“Kami ingin mengedukasi masyarakat Indonesia, khususnya generasi millennials untuk mulai mengatur keuangan dengan baik dan mempersiapkan masa depan, salah satunya dengan memiliki emas,” ucap Assad menutup pembicaraan.

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk emas Tamasia, baik sebagai pelanggan ataupun reseller, bisa menghubungi 0811-8787945, email ke info@tamasia.co.id atau follow Instagram @tamasia_indonesia.

 

Berita ini diambil dan dapat dilihat di :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170726094612-206-230359/aplikasi-tamasia-bikin-jual-beli-emas-cukup-lima-menit-saja/

Facebook Comments

Leave a Reply