Ide Pernikahan Outdoor yang Kasual dan Hangat Bujet 20 Juta

By April 18, 2018Perencanaan Keuangan

Pernikahan outdoor identik dengan kesan kasual jika dibandingkan dengan konsep pernikahan indoor. Meskipun demikian, prosesi yang sakral tetap bisa didapatkan, terlepas dari kesan less formal tersebut. Tampil secara unik dan berbeda, konsep ini diklaim sebagai alternatif pernikahan dengan bujet yang relatif ramah di kantong calon pengantin. Bahkan dengan bujet 20 juta-an saja, pengantin dapat menggelar pernikahan cantik yang kaya akan identitas.

Tertarik untuk menggelar pesta pernikahan dengan konsep ini? Yuk, kita simak serba serbi pernikahan outdoor berikut.

Biaya Sewa Tempat yang Lebih Murah

Jika dibandingkan dengan konsep indoor, pernikahan outdoor dapat memangkas pengeluaran terkait dengan venue hingga 50%. Didapatkan kisaran harga tengah atas biaya pernikahan indoor dan pernikahan outdoor. Data yang diambil merupakan kisaran tengah dan bukan estimasi harga tertinggi ataupun terendah.

Kabarnya rata-rata pengeluaran untuk sewa venue pernikahan indoor berkisar antara 10 hingga 20 juta. Biaya tersebut belum termasuk biaya dekorasi pelaminan dan backdrop, serta perlengkapan tambahan lainnya seperti meja dan kursi penerima tamu, gazebo kain dan drapery, karpet, serta berikat-ikat hiasan bunga yang membentuk ruangan tersebut menjadi “wedding-like”. Total keseluruhan biaya venue dan dekorasi dapat menembus angka 30 juta ke atas.

Nah kabarnya juga, biaya sewa tempat pernikahan outdoor berkisar antara 5-10 juta rupiah saja. Tergantung pada wedding organizer dan juga venue yang kamu pilih, paket pernikahan outdoor biasanya hadir sepaket dengan dekorasi sederhana yang terdiri dari setting pelaminan dan beberapa rangkaian bunga, serta detail dekorasi lain yang tidak semeriah pernikahan indoor namun tetap memiliki karakter desain yang kuat.

Kesan Intim dan Romantis

Pernikahan outdoor banyak diminati oleh mereka yang ingin mengundang keluarga dan teman terdekat di hari spesial tersebut. Dengan jumlah tamu yang tidak banyak, nuansa intim dan romantis tidak hanya dirasakan oleh kedua mempelai, tetapi juga oleh para tamu undangan.

Kesan menyatu dengan alam juga menjadi alasan mengapa pernikahan outdoor terasa lebih intim dan romantis. Pemilihan pantai, resort, taman, hingga hutan pinus sebagai lokasi pernikahan secara langsung memberikan efek romantis dan hangat. Kamu pun berkesempatan untuk menangkap momen berharga yang tidak akan terlupakan.

Capturing the best moment on its rawest form! Momen tertawa renyah dan lebar para undangan, emosi meluap-meluap kedua orang tua mempelai, hingga kemeriahan lantai dansa; semuanya menjadi suatu kesatuan padu dengan latar terbuka.

Tips Mempersiapkan Pernikahan Outdoor dengan Bujet 20 Juta

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, jika kamu menetapkan bujet sebesar 20 juta untuk merayakan hari besarmu, dengan memilih konsep pernikahan luar ruangan kamu masih memiliki sisa 10 hingga 15 juta rupiah setelah dipotong biaya venue. Jumlah yang cukup untuk mencakup keperluan lain seperti katering, tata rias dan sewa gaun, jasa fotografer, suvenir, hingga hiburan. Ingat, harga yang mahal bukanlah patokan. Cerdas memilih vendor dan alokasi dana yang tepat adalah kunci utamanya.

1. Pemilihan Waktu dan Tempat yang Tepat

Salah satu tantangan terbesar dari pernikahan outdoor adalah kemungkinan cuaca yang dapat berubah setiap saat. Tanggal pernikahan di musim panas, akan menjadi pilihan yang relatif aman untuk menghindari hujan. Pagi dan sore hari adalah waktu yang ideal untuk melakukan upacara pernikahan dengan konsep outdoor. Kamu pun dapat memilih malam hari untuk kesan yang lebih meriah. Hindari memilih waktu siang hari, karena suhu yang panas dan terik matahari yang menyengat akan membuat jalannya upacara pernikahan menjadi kurang nyaman.

2. Kenyamanan Tamu Eksklusif

Pastikan bahwa tamu undangan merasa nyaman saat menghadiri upacara pernikahan kamu, dengan memperhatikan kenyamanan tempat duduk mereka. Jika lokasi berada di luar pusat kota, maka pastikan tamu mendapat petunjuk arah yang jelas. Buat kesan ekslusif dengan membatasi jumlah tamu, tepatnya hanya mengundang keluarga dan sahabat terdekat. Hal tersebut akan menambah kesan intim dan juga mengurangi jumlah pengeluaran yang berkaitan dengan tamu; seperti biaya cetak undangan, katering, dan suvenir.

3. Pemilihan Wedding Attire dan Make Up yang Sesuai

Brides-to-be harus memperhatikan kesesuaian gaun dan tata rias dengan konsep outdoor wedding. Pilihlah gaun dengan potongan sederhana dan make up natural untuk melengkapi keutuhan outdoor look. Style Putri Marino, saat dipersunting oleh Chicko Jericco bulan Maret lalu, dengan gaun putih tanpa lengan dan usapan tipis make up, dapat kamu jadikan referensi gaya.

Jangan lupa, pilihlah warna netral seperti broken white untuk tampilan chic namun elegan. Hal serupa berlaku bagi pengantin pria. Pilihlah warna-warna netral seperti putih atau cokelat muda untuk tampilan 2 pieces jacket, 3 pieces jacket, atau kemeja dengan suspender yang gagah.

Untuk menekan pengeluaran, kamu dapat menyewa gaun dan jas dari butik desainer yang kamu inginkan. Dengan menyewa, pengeluaran untuk wedding attire akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan membeli gaun dan jas baru.

4. Rencana Cadangan

Rencana cadangan diperlukan untuk menjamin kelancaran acara jika terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan perkiraan awal. Kamu harus siap menghadapi kemungkinan yang ada ketika memutuskan memilih lokasi terbuka sebagai venue pernikahan. Bagaimana jika tiba-tiba turun hujan? Bagaimana jika angin terlalu kencang? Bagaimana jika terdapat banyak serangga? Kamu harus siap dengan rencana cadangan untuk menjawab pertanyaan di atas dan pertanyaan lain semacammnya. Alokasikan setidaknya 1% dari total bujet untuk mengantisipasi kebutuhan tak terduga seperti di atas.

Nah itu tadi salah satu ide jika kamu ingin menggelar acara pernikahan bujet 20 juta-an. Kalau kamu punya ide unik lainnya untuk acara pernikahan yang menarik, hemat dan tetap sakral jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar.


Buat kamu yang akan menikah atau sedang merencanakan untuk menikah, sekarang kamu bisa beli emas buat mahar langsung dari smartphone kamu. Caranya gampang, gunakan aplikasi Tamasia dimana kamu bisa mulai memiliki emas mulai dari Rp10.000,- saja. Download aplikasinya sekarang:

Download Aplikasi Android TamasiaDownload Aplikasi iOS Tamasia

Facebook Comments

Leave a Reply