Ibu-Ibu Zaman Now Harus Tahu Perbedaan Karat dan Kadar Emas agar Tak Tertipu Saat Beli Emas

By November 9, 2017Investasi
kadar emas perhiasan

Toko emas merupakan tempat paling umum seorang membeli emas, terutama ibu-ibu. Terlebih apabila toko emas terletak di tempat-tempat yang memang sering dikunjungi oleh ibu-ibu seperti pasar atau pusat perbelanjaan (mall). Padahal, ada beberapa perbedaan emas yang dijual di toko emas biasa dengan emas dari Antam.

Apa saja?

Sabaaar, sebelum mengetahui jenis-jenis emas yang dijual, ada faktor penting dalam menentukan nilai emas, yaitu kadar dan karat. Yuk, kita bahas apa itu kadar dan karat serta bagaimana kedua hal tersebut dapat mempengaruhi nilai dari emas.

Kadar Emas:

Ibu-ibu di Indonesia tampaknya kurang begitu peduli dengan hal satu ini. Begitu punya uang langsung kalap dengan membeli emas sebanyak-banyaknya tanpa peduli dengan kadar emas yang dibelinya. Hal ini diamini oleh seorang petinggi di salah satu toko emas ternama.

Tidak peduli kadar emas sebenarnya akan membawa pada banyak kerugian. Paling nyata adalah penipuan kandungan kadar emas di dalam perhiasan. Misalnya emas ditawarkan oleh sebuah toko emas di pinggir pasar dan diakui sebagai emas dengan kadar 75% padahal begitu dilakukan pengukuran kadarnya ternyata kurang dari 75%.

Fenomena ini berbeda dengan yang terjadi pada ibu-ibu di China ketika membeli emas. Di China, para ibu-ibu terbiasa dengan melakukan cek kadar emas meskipun harus membayar. Alasannya sederhana, mereka takut kadar emas yang dibelinya ternyata tidak sesuai dengan kenyataan. Bahkan, pemerintah China sampai membuat dan mengeluarkan aturan yang menyatakan bahwa toko emas yang kedapatan melakukan penipuan kadar emas bisa di bawa ke pengadilan.

Sebenarnya apa arti dari kadar emas:

Asumsikan emas diakui mengandung 75% kadar emas. Itu artinya 75% kandungan logam mulia emas terdapat di dalamnya, sisanya 25% berupa kandungan bahan lainnya, seperti nikel, tembaga, dan lain-lain.

Lalu bagaimana agar ibu-ibu masa kini tidak lagi tertipu dengan kadar emas yang dibelinya? Lakukan uji kadar emas yang biasanya dilayani di toko-toko emas ternama. Mereka memiliki alat khusus untuk mendeteksi kandungan kadar emas. Siapkan pula dana karena layanan ini biasanya tidak gratis.

Karat Emas

Karat artinya pengukuran yang dilakukan untuk menentukan tingkat kemurnian emas. Lalu dari mana kemurnian emas diukur? Pengukuran kemurnian emas didapat berdasarkan persentase emas murni dalam suatu logam.

Fisik emas murni terasa lembek, itulah sebabnya untuk didapatkan emas berbentuk perhiasan diperlukan pengolahan berupa penambahan unsur logam lain, seperti perak atau tembaga sehingga emas benar-benar memiliki durabilitas untuk bisa digunakan sebagai perhiasan sehari-hari.

Karena sifat emas yang lembek itulah, kemurnian emas dapat dinilai. Semakin lunak emas, semakin tinggi kemurnian yang dikandungnya. Inilah bagaimana karat dalam emas didapat. Pertanyaannya kemudian, bagaimana ibu-ibu di Indonesia memahami hal semacam ini?

Sayangnya, di Indonesia masih belum jelas terkait cara penentuan dan patokan dalam menentukan kadar dan karat kandungan emas. Hal ini dikarenakan berbedanya tia-tiap toko emas mengenai karat emas. Contoh sederhananya, toko emas di Jakarta dan toko emas di Jawa mengalami perbedaan penafsiran. Kadar emas 22 karat yang diakui sekitar 80% ketika dites di toko lain sangat mungkin hasilnya hanya emas 22 karat dengan kadar 75%.

Kadar merupakan tingkat keaslian emas atau jumlah kandungan kemurnian emas.
Kadar emas dinyatakan dalam “karat.”

Bagaimana contoh hitungannya:

Kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Ini artinya kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23/24 X 100% atau sekitar 95,8%.

Sehingga emas dengan kadar 22 karat dan berat 15 gram maka kandungan emas murninya: 22/24 x 15 = 13.75 gram.
Adakah cara lain untuk mempermudah menentukan karat berdasarkar kadar? Acuannya adalah standar SNI 13-3487-2005 yang menetapkan standar karat sebagai berikut:

Karat Kadar Emas

  • 24 Karat artinya memiliki kandungan emas murni sekitar 99,00% s.d. 99,99%
  • 23 Karat artinya kandungan emas murni 94,80% s.d. 98,89%
  • 22 Karat artinya kandungan emas murni 90,60% s.d. 94,79%
  • 21 Karat artinya kandungan emas murni 86,50% s.d. 90,59%
  • 20 Karat artinya kandungan emas murni 82,30% s.d. 86,49%
  • 19 Karat artinya kandungan emas murni 78,20% s.d. 82,29%
  • 18 Karat artinya kandungan emas murni 75,40% s.d. 78,19%
  • 14 Karat artinya kandungan emas murni 58,3% s.d. 41,7%
  • 10 Karat artinya kandungan emas murni 41,7% s.d. 58,3%

Ibu-ibu tidak ingin ditipu? Jangan ragu untuk untuk menanyakan berapa kadar emas dalam persentase (%) sebab sesungguhnya kandungan kadar emaslah yang dijadikan patokan harga dan nilai emas dalam perhiasan. Pastikan pula membeli emas di tempat jual dan beli emas yang terpercaya, salah satunya Tamasia: Cara Cerdas Beli Emas.

 

cek kadar karat emas pada perhiasan

 

Sebenarnya, ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk menguji kemurnian emas. Antara lain:

  • Uji Gosok. Biasanya dilakukan dengan menggosokkan emas pada batu, kemudian ditetesi semacam zat kimia. Adapun air uji yang digunakan adalah asam nitrat, asam klorida, dan campuran keduanya yang disebut air raja (aqua regia).
  • Uji dengan Gold Tester. Pengujian ini menggunakan alat yang dapat mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan.
  • Uji Berat Jenis. Mengingat setiap benda memiliki berat jenis atau biasa disebut massa jenis, emas pun akan dengan mudah dikenali dengan mencari berat jenisnya.

Pertanyaan:
“Apakah semakin tinggi karat emas artinya semakin bagus sebuah perhiasan?”

Jawabannya tidak selamanya benar. Kadar yang tinggi dan karat yang besar sebuah emas tidak menjadi jamiman emas tersebut semakin murni. Masalahnya, perhiasan emas yang dibuat dari emas murni apabila ditambah elemen lain seperti berlian maka risiko hilangnya berlian akan semakin tinggi.

Bahkan, semakin tinggi kadar emas justru efeknya buruk untuk perhiasan. Kenapa? Karena perhiasan tersebut akan menjadi lunak. Ini artinya emas tersebut tak cukup kuat untuk menahan elemen lain yang disisipkan, misalnya berlian. Selain itu akan mudah berubah bentuk ketika kena panas.

Lantas, emas dengan kadar dan karat berapa yang cocok untuk perhiasan? Pilihlah emas dengan kadar 75% dan karat 18 hingga 22.

Di samping kadar dan karat, ibu-ibu masa kini yang belum memiliki pengalaman mumpuni dalam membeli emas juga kerap dibingungkan dengan istilah “emas tua” dan “emas muda.” Apa yang sesungguhnya dimaksud dengan kedua istilah tersebut?

Emas Muda = perhiasan yang memiliki kadar emas di bawah 70%

Emas Tua = kebalikan dari emas muda, yaitu perhiasan dengan kadar emas di atas 70%

Mudahnya, emas muda menggunakan campuran emas yang lebih sedikit dibanding campuran logam lain saat dibentuk menjadi perhiasan emas. Sementara itu, emas tua memiliki kandungan emas yang lebih banyak dari pada logam campuran lainnya saat dibentuk menjadi perhiasan emas.

Cara paling mudah untuk membedakan emas muda dan emas tua yang lebih nyata tentu saja terlihat dari harga jualnya. Harga emas muda lebih murah dibanding emas tua karena memiliki kadar emas yang lebih sedikit, begitu pun sebaliknya.

Jangan khawatir, terutama untuk ibu-ibu muda yang belum punya pengalaman dalam membeli emas. Daripada menghadapi kerugian yang besar karena ketidaktahuan tentang emas, belilah emas di tempat yang pasti. Seperti beli emas online di Tamasia. Selain emasnya asli dari Antam, cara beli emasnya pun cukup mudah bisa dari aplikasi, bayarnya bisa nyicil lagi.

Facebook Comments

Leave a Reply