Ibu-Ibu Zaman Now Harus Tahu Kelebihan dan Kekurangan Emas untuk Investasi

By November 16, 2017Investasi
Kelebihan dan Kekurangan Emas untuk Investasi

Hidup di dunia harus penuh dan punya perhitungan. Pasalnya, hidup tanpa perencanaan bukanlah hidup yang baik, sebab hewan hidup tanpa memiliki perencanaan, kan? Itulah mengapa membiarkan hidup mengalir seperti air sama artinya dengan memilih hidup yang terombang-ambing dengan tujuan tak jelas. Jika bisa direncanakan dan baik hasilnya, saatnya merencanakan hidup. Investasi merupakan salah satu bentuk perencanaan untuk hidup yang lebih baik. Dan memilih emas sebagai investasi? Ibu-ibu harus pahami betul-betul kelebihan dan kekurangannya.

Simak penjelasan berikut untuk lebih jelasnya!

Bagi ibu-ibu, memiliki emas mengandung beberapa makna sekaligus. Pertama, sebagai pertanda bahwa dirinya memiliki hidup yang berkecukupan, dibuktikan dengan deretan emas yang menggantung sebagai perhiasan di hampir semua bagian tubuh, bahkan jari-jemarinya pun penuh dengan cincin emas. kedua, sebagai tabungan yang sangat berguna jika sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat. Emas sebagai aset memiliki likuiditas yang sangat tinggi, artinya bisa diuangkan kapan pun dibutuhkan.

Memilih emas sebagai perhiasan dan tabungan ada tantangan tersendiri. Salah satunya adalah bagaimana memilih emas berdasarkan warna emas tersebut. Ibu-ibu masa kini harus paham bahwa warna emas bukan melulu kekuningan sebagaimana yang banyak dijual di pasaran. Ternyata, emas memiliki warna-warna lainnya. Lalu, apa pentingnya ini? Ya, warna emas ternyata menunjukkan kadar dari emas tersebut.

1. Emas Kuning

Warna kuning sebagai warna emas sudah pasti banyak diketahui oleh ibu-ibu, baik ibu-ibu masa kini atau ibu-ibu terdahulu. Kuning memang warna alami emas. Akan tetapi, perhiasan emas berwarna kuning bukan otomatis emas murni. Pasalnya warna kuning dari emas didapat dari campuran dengan metal lain seperti zink dan tembaga.

#IbuIbuZamanNow yang tetap ingin tampil klasik memilih emas kuning sebagaimana yang dilihatnya dari ibunya dahulu. Warnanya yang tidak kenal zaman membuat emas kuning cocok digunakan terutama untuk acara khusus.

 

2. Emas Putih

Ibu-ibu yang tidak terlalu ingin terekspos ketika menggunakan perhiasan berbahan emas biasnya memilih emas putih untuk dikenakan. Warnanya yang sepintas menyerupai perak membuatnya tidak terlalu mencolok sehingga ibu-ibu tidak terlalu waswas menggunakannya sehari-hari.

Adapun warna putih pada emas putih dihasilkan dari campuran mangan, tembaga, seng, dan nikel. Agar lebih keluar kilaunya ditambahkan pula lapisan Rhodium. Emas putih sangat cocok untuk #IbuIbuZamanNow yang tetap ingin mengenakan perhiasan berbahan emas namun tetap ingin tampil elegan. Meski tak mencolok dibanding emas kuning, harga emas putih jauh di atas emas kuning!

3. Rose Gold

Popularitas emas berwarna rose gold makin ke sini makin diminati oleh ibu-ibu. Warna rose gold hampir serupa dengan warna merah muda atau pink. Emas rose gold dihasilkan dari campuran tembaga.

#IbuIbuZamanNow yang menginginkan nuansa romantis sangat cocok dengan rose gold ini. Bisa dibilang inilah warna pertengahan bagi ibu-ibu yang tetap ingin mengenakan emas sebagai perhiasan berwarna khas namun tidak terlalu mencolok.

Di samping ketiga warna favorit di atas, ternyata ada banyak warna lainnya dari emas namun gaungnya kurang dibanding ketiga warna kesukaan ibu-ibu tersebut, antara lain:

  • Emas Hitam. Warna hitam dibuat dengan berbagai Sederhananya adalah melapisi emas dengan senyama kimia seperti rhodium hitam. Cara lainnya bisa dengan mengubah warna emas dengan campuran cobalt, tembaga, titanium atau besi dengan menggunakan panas sehingga permukaan emas akan teroksidasi.
  • Emas Hijau. Warna emas dibuat dari campuran perak dan terkadang cadmium. Sebenarnya, warna hijau pada emas hijau tidaklah begitu terlihat. Warna emas hijau lebih sering terlihat seperti emas kuning dengan bayangan kehijauan.
  • Emas Abu-Abu. Warna abu-abu dibuat dari mencampur emas murni dengan tembaga, perak, dan mangan.
  • Emas Ungu. Warna ungu didapat dengan mencampur aluminium dan emas murni. Akan tetapi, emas ungu tidaklah tahan lama seperti emas pada umumnya, karena campuran pada emas ungu cenderung rapuh.
  • Emas Biru. Warna biru didapat dari memroduksi emas biru adalah mencampurkan indium dengan emas putih. Sama halnya dengan emas ungu, emas biru juga tidak tahan lama. Cara lain untuk membuat emas biru adalah mencampurkan emas dengan besi atau rhodium.

 

SETELAH mengetahui fisik emas dengan warna-wana tersebut, ibu-ibu masa kini kudu paham fungsi emas yang utama lainnya, yakni sebagai sarana untuk investasi. Tentu, mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing jenis emas akan lebih memudahkan.

Secara umum, bentuk-bentuk emas terdiri dari beberapa macam, seperti perhiasan emas, koin emas, emas batangan atau lantakan, sertifikat emas, saham tambang emas, hingga kontrak emas berjangka. Meski demikian, perhiasan emas, koin emas, dan emas batangan merupakan bentuk emas yang biasa dijadikan investasi oleh masyarakat kita.

Lantas apa saja kekurangan dan kelebihan masing-masing? 

Kelebihan dan Kekurangan Emas sebagai Perhiasan

Sebagai perhiasan, emas akan sulit memberikan hasil investasi yang menghasilkan. Lain halnya jika menjadikannya investasi jangka panjang. Mengapa emas kurang cocok untuk investasi jangka pendek tentu dikarenakan biaya yang ditimbulkan di awal, yaitu ongkos pembuatan emas yang tak murah.

Kelebihan

  • Di samping dipakai sebagai perhiasan, emas yang dikenakan juga dapat dijual untuk kebutuhan mendesak lainnya.

Kekurangan

  • Ongkos pembuatan perhiasan yang biasanya tak murah. Terutama cincin bagi mereka yang memiliki lingkar jari tak biasa, entah terlalu kecil atau terlalu besar dari ukuran umum. Ketika dijual, ongkos pembuatan emas tidak dianggap. Tentu saja ini menjadi potongan yang lumayan besar.
  • Dibebani PPN (Pajak Pertambahan Nilai).
  • Membeli emas di suatu tempat dan menjualnya di tempat lainnnya memiliki tantangan sendiri. Ada toko yang masih mau menerima dan ada toko yang sama sekali menolaknya.
  • Model dan ukuran perhiasan juga mempengaruhi. Selera setiap orang tentu berbeda dengan orang lain, demikian pula soal perhiasan.

 

Kelebihan dan Kekurangan Koin Emas

Koin emas selain memiliki nilai intristik juga memiliki nilai ekstrinsik berupa kelangkaan. Sebagai pilihan investasi, koin emas juga ada yang berupa seri koleksi. Di Inonesia, seri koin emas antara lain seri shio dan seri binatang.

Selain bisa dilirik oleh ibu-ibu untuk dijadikan investasi, koin emas banyak diminati oleh investor.

Kelebihan

  • Koin emas memiliki sifat mudah dijumlahkan dan dibagi (unit account).
  • Koin emas sangat mudah untuk diperjualbelikan.
  • Memiliki nilai jual kembali yang tinggi karena mengikuti perkembangan harga emas internasional.
  • Tidak terkendala model dan ukuran ketika dijual kembali.

Kekurangan

  • Dikenakan PPN sebesar 10 persen karena koin emas dianggap sebagai perhiasan.
  • Adanya biaya pembuatan koin emas yang relatif tinggi antara tiga hingga lima persen.

 

Kelebihan dan Kekurangan Emas Batangan (Lantakan)

Emas batangan atau emas lantakan dianggap sebagai investasi emas yang paling menguntungkan dibanding emas sebagai perhiasan dan koin emas. Hal ini dikarenakan emas batangan (lantakan) tidak dibebani ongkos pembuatan.

Di mana ibu-ibu bisa mendapatkan emas batangan ini? Toko emas, perum pegadaian, kolektor emas, adalah tempat yang tepat untuk mendapatkannya.

Kelebihan

  • Tidak dikenai PPN.
  • Memiliki sertifikat sehingga bisa dijual di mana saja dan kapan saja sesuai harga emas internasional.
  • Tidak ada biaya cetak untuk pembelian emas batangan dalam unit satu kiloan.
  • Nila jual kembali yang tinggi karena mengikuti harga emas internasional.

Kekurangan

  • Sulitnya menguangkan ketika ingin dijual dalam satuan lebih kecil. Misalnya kamu memiliki emas batangan seberat satu kilogram dan hanya ingin menjualnya seberat 100 gram, maka 900 gram sisanya akan dipecah ke dalam emas batangan yang kecil-kecil.
  • Biaya cetak lebih tinggi. Untuk ukuran emas seberat 5 hingga 10 gram dikenai biaya cetak yang cukup tinggi.
  • Sulitnya jika ingin tukar-menukar atau jual-beli ke sesama penggemar emas mengingat ukuran emas batangan yang besar.

 

Bagaimana ibu-ibu masa kini setelah mengetahui jenis-jenis emas dari warnanya dan jenis emas berdasarkan kelebihan dan kekurangannya, ada pecerahan atau justru tambah bingung? Jangan bingung karena sekarang, ada #CaraCerdasBeliEmas hanya melalui aplikasi di smartphone kalian! Tamasia menjawab semuanya untuk kemudahan membeli emas secara mudah, murah, dan sesuai syariah.

Facebook Comments

Leave a Reply