Tak Perlu Galau, Ini Caranya Menabung Supaya Bisa Beli Mobil

By April 6, 2018Perencanaan Keuangan

Jika memiliki cukup uang, tidak ada salahnya kamu membeli mobil. Saat ini, mobil merupakan fasilitas kendaraan yang sangat dibutuhkan. Apalagi jika kamu memiliki jadwal mobilitas yang tinggi. Berkendara roda dua di jalanan yang panas dan penuh polusi tentu akan merugikan kesehatan tubuhmu.

Mobil juga sangat diperlukan jika kamu sudah memiliki keluarga kecil. Si kecil tentu akan merasa lebih nyaman bepergian dengan kendaraan roda empat. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mengajak serta keluarga besar untuk melakukan wisata bersama jika sudah memiliki mobil.

Lalu, bagaimana caranya supaya kamu bisa membeli mobil dengan pemasukan yang terbatas?

Ada beberapa tips menabung untuk beli mobil yang bisa kamu terapkan:

1. Tentukan Target Tabungan

Sebelumnya, kamu pasti sudah menentukan merek mobil yang ingin kamu beli berdasarkan pertimbangan kelebihan dan kekurangannya. Apakah mobil bekas atau mobil baru? Apakah jenis MPV atau SUV? Selain bergantung pada kualitas mobil tersebut, harga juga sangat berpengaruh.

Nah, setelah mengetahui harga perkiraan mobil yang akan dibeli, kamu akan lebih mudah mengatur strategi menabung. Berdasarkan pemasukan dan pengeluaran bulanan, kamu bisa menentukan jumlah tabungan yang bisa disisihkan setiap bulan. Lalu, dari hasil tersebut, bisa ditentukan kapan membeli mobil impian bisa terwujud.

Selain itu, dengan mengetahui target tabungan yang harus dikumpulkan, kamu pasti akan lebih bersemangat untuk menabung.

2. Sisihkan 30 Persen dari Pemasukan Bulanan

Menurut para ahli keuangan, persentase tabungan yang seharusnya disisihkan dari gaji bulanan adalah sekitar 10–30% . Hal ini bergantung pada besar pengeluaran bulanan, besar gaji bulanan, dan tanggungan-tanggungan lain, seperti utang.

Nah semakin besar jumlah yang disisihkan, tentu semakin banyak dana yang bisa dikumpulkan. Selain itu, waktu yang dibutuhkan pun akan semakin singkat. Jadi, perhitungkanlah kebutuhanmu dengan sebaik-baiknya sehingga persentase tabungan yang ditetapkan benar-benar pas.

Jika terlalu besar, kamu pasti akan kesulitan memenuhi kebutuhan harian. Sebaliknya, jika terlalu kecil, niat untuk membeli mobil pasti akan semakin lama terwujud.

3. Tabung dalam Bentuk Emas

Salah satu kegunaan emas adalah kamu dapat menggunakannya sebagai sarana menabung untuk wujudkan impian memiliki sesuatu seperti mobil. Mengumpulkan emas untuk beli mobil cocok buat kamu yang ingin beli mobil 2 tahun lagi atau lebih.

Mengapa? Karena emas terbukti tahan terhadap inflasi yang biasanya lebih tinggi dari bunga tabungan di bank. Sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan kenaikan harga mobil yang mungkin terjadi dalam beberapa tahun kedepan.

4. Menabung Berdasarkan Waktu

Supaya kamu lebih bersemangat untuk menabung, cobalah untuk melakukan tips menabung berdasarkan waktu tertentu. Misalnya, setiap tanggal 5 setiap bulan, kamu harus menyisihkan Rp50.000 per bulan. Lalu, setiap tanggal 10 setiap bulan, kamu harus menyisihkan Rp100.000 bulan.

Cara ini hanya untuk membuat kamu lebih mudah untuk mengingat jika memiliki tanggungan khusus. Jadi, kamu pun akan lebih rajin dan serius menyisihkan uang, terutama pada waktu-waktu yang telah ditentukan.

Atau bila kamu ingin ada yang rutin mengingatkan kamu untuk beli semas sebagai tabungan untuk beli mobil, kamu bisa #BeliBerkala emas di Tamasia. Nanti setiap bulan akan ada yang mengingatkanmu untuk menabung.

5. Lakukan Pekerjaan Sampingan

Apakah kamu karyawan swasta dengan gaji pas-pasan? Apakah impian memiliki mobil tampak mustahil bagimu? Tak perlu ragu atau merasa patah semangat dahulu. Salah satu cara untuk membuat tabungan semakin bertambah adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan.

Ada banyak jenis pekerjaan sampingan yang bisa kamu pilih. Namun, akan lebih mudah jika kamu mencoba untuk mengeksplorasi hobi dan bakatmu. Misalnya, jika kamu pintar memasak, cobalah untuk membuat katering sederhana. Jika kamu pintar bernyanyi, mendaftarlah sebagai penyanyi kafe. Jika kamu pintar menulis, tulislah artikel, dan sebagainya.

Namun, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan. Mengerjakan dua hal sekaligus tentu bisa membuat tubuh kelelahan. Sediakan waktu yang tepat dan cukup untuk beristirahat. Bukankah jika sakit, segala usaha untuk menabung tersebut akan terhalang?

6. Lakukan Investasi

Melek terhadap investasi adalah hal yang wajib pada masa kini. Jangan lagi hanya terpaku pada kegiatan menabung biasa yang hanya bersifat menyimpan uang, tetapi tidak menambah uang. Salah satu jenis investasi yang bisa kamu coba adalah emas.

Jika melihat kebelakang harga emas naik dan terbukti tahan terhadap inflasi dibandingkan kalau kamu tabung uang kamu di bank. Itu berarti, pada beberapa tahun mendatang, emas yang kamu beli hari ini berpeluang bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Namun, kelemahannya adalah pada modal yang dimiliki. Untuk membeli emas batangan, kamu harus memiliki modal yang lumayan besar. Tapi itu semua kini bisa teratasi kalau kamu beli emas lewat aplikasi Tamasia. Karena pakai aplikasi Tamasia kamu bisa beli emas mulai dari Rp10.000,- saja.

7. Menabung pada Awal Gajian

Salah satu strategi jitu yang bisa kamu coba supaya kegiatan menabung untuk membeli mobil berjalan dengan lancar adalah menentukan awal bulan sebagai masa untuk menabung. Sisihkanlah sejak awal uang yang dianggarkan untuk ditabung, lalu letakkan di tempat yang aman.

Setelah berhasil menabung, tantangan selanjutnya adalah tidak menguras tabungan untuk keperluan lain. Ingat, kamu berencana untuk membeli mobil dan hal itu tidak akan tercapai jika sedikit demi sedikit tabungan justru dikuras untuk hal lain. Untuk itu kamu bisa gunakan alokasi uang tabungan untuk beli emas agar tabunganmu tidak mudah terkuras karena tergoda beli ini dan itu.

Nah, demikian beberapa tips menabung bagi kamu yang ingin membeli mobil impianmu. Semoga berhasil.


Ingin mulai miliki emas sebagai tabungan untuk beli mobil? Yuk, beli emas mulai dari Rp10.000,- lewat aplikasi Tamasia! Donwload aplikasinya sekarang:

Download Aplikasi Android Tamasia


Facebook Comments

Leave a Reply