Cara Wujudkan Pergi ke Tanah Suci di Umur 30 Tahun

By October 18, 2017Perencanaan Keuangan
cara umroh umur 30an

Hallo Sahabat Tamasia, siapa yang mau umroh di umur 30-an? Pasti banyak yang ingin pergi umroh ke tanah suci secepat mungkin. Apalagi jika kondisi ekonomi kamu mencukupi, rasanya kamu pasti ingin segera kesana.

Tapi bagaimana bagi para Sahabat Tamasia yang belum mencukupi kondisi keuangannya? Rezeki memang berbeda-beda, berarti tinggal kita yang harus pintar dalam mengelola dan menabung agar bisa melaksanakan ibadah umroh.

Tama Timi team mau share ke Sahabat Tamasia agar bisa ke tanah suci di umur 30an:

1. Kelola pengeluaranmu dengan baik.

Semuanya diawali dengan niat, jika Sahabat Tamasia memang sudah tekad berniat untuk umroh, Sahabat Tamasia sudah harus mulai untuk belajar berhemat mulai dari sekarang. Kelola dengan baik keuangan pribadi. Kebutuhan pribadi umumnya bisa tercukupi tetapi gaya hidup lah yang tidak pernah bisa cukup.

Kamu bisa menggunakan rumus Y = C+ I / S, sumber tabungan / investasi adalah penghasilan (disimbolkan dengan Y atau income). Sedangkan symbol C adalah consumption (konsumsi) atau nilai uang yang dihabiskan saat ini untuk memenuhi berbagai keperluan. Konsumsi adalah segala aktivitas yang bersifat menghabiskan nilai guna (utiliy) suatu produk, entah berupa barang / jasa.

Idealnya Sahabat Tamasia menyisihkan 30% dari penghasilan untuk tabugan atau investasi. Misal Timi memiliki gaji Rp 1.500.000,- maka idealnya:
Y = C + I / S, 1.500.000 = 1.050.000 + 450.000. Jadi Timi disarankan menabung Rp 450.000,- setiap bulannya, tapi itu pun tergantung dari niat Timi apabila ingin lebih banyak menabung nya, timi tinggal menyisihkan lebih banyak untuk tabungan dibanding konsumsi.

2. Hindari berangkat umroh di masa peak season.

Sahabat Tamasia ternyata tidak cuma Bali loh yang punya peak season, Mekkah dan Madinah juga mempunyai masa ramai dan masa sepi juga loh! Terlepas dari musim Haji, jumlah kunjungan untuk umroh meningkat tajam pada bulan Ramadhan dan pada masa liburan sekolah.

Pada Januari dan Februari udara di Mekah menjadi jauh lebih dingin hingga banyak peminat umroh dari Indonesia yang mengurungkan niatnya berangkat di awal tahun. Inilah kesempatan Sahabat Tamasia untuk book perjalanan, karena penyelenggara umroh biasanya menurunkan harga demi menarik minta jamaah yang memang tidak setinggi pada bulan Ramadhan.

3. Membuka rekening khusus.

Bukalah rekening baru (terpisah dari rekening gaji) di bank yang menurutmu punya program paling menguntungkan bagi rencana umroh kamu. Ingat, rekening ini khusus untuk umroh jadi Sahabat Tamasia tidak boleh mencairkannya sebelum uang sudah mencukupi, yang boleh kamu lakukan cuma rutin menyetorkan sejumlah dana ke rekening tersebut setiap bulan.

4. Simpanan dalam bentuk emas

Sahabat Tamasia pada akhirnya biaya umroh yang Sahabat Tamasia bayar ke pihak penyelenggara akan dikonversi ke dalam bentuk dolar Amerika, artinya mahal atau murahnya ongkos umrah dipengaruhi oleh harga dolar saat sahabat tamasia menyetor sejumlah uang ke penyelenggara.

Mengingat tren dolar yang terus berkisar di atas Rp 13.000,- dengan kecenderungan untuk terus meningkat tiap tahun, bisa dibilang ongkos umrah bisa meningkat terus dari tahun ke tahun, walaupun tidak sebanyak peningkatan ongkos haji dari tahun ke tahun.

Ketika Timi sudah mengumpulkan Rp 20 juta dalam 2 tahun, ongkos umroh untuk paket yang sama mungkin bisa berkisar di angka Rp. 24-25 juta dengan asumsi kenaikan 10% per tahun. Untuk melindungi nilai uang yang sudah Timi tabung, Timi alihkan bentuknya dari uang ke emas.

Ketika uang timi sudah cukup untuk beli emas minimal 5 gr, karena harga per gramnya lebih murah kalau kamu beli emas 1 gram aja. Lalu kumpulin duit lagi untuk beli 5 gr lagi, begitu seterusnya hingga nilanya di rasa cukup untuk menyetor biaya haji. Jika kamu memilih teknik ini kamu harus rajin memantau pergerakan harga emas baik dari Antam maupun emas dunia.

Nah sekarang tinggal Sahabat Tamasia yang menentukan mau memakai metode seperti apa atau mau mengikuti jejak timi membeli emas untuk tabungan umroh, semua bisa asal ada niat dan insya Allah niat yang baik akan di lancarkan oleh Allah.

Facebook Comments

Leave a Reply