Siapa Bilang Anak Kos Tak Bisa Menabung? Ini Caranya

By April 5, 2018Perencanaan Keuangan

“Anak kos” adalah sebutan bagi seseorang yang indekos atau tinggal di rumah orang lain untuk sementara waktu. Biasanya, anak kos adalah mereka yang jauh dari orangtua karena harus melanjutkan pendidikan atau kuliah di kota yang berbeda.

Karena masih mengandalkan biaya kebutuhan harian dari orangtua, anak kos setiap bulan pasti mendapat sejumlah kiriman uang. Berapa pun jumlah kiriman tersebut, sering kali masalahnya adalah selalu kurang atau tidak pernah cukup. Padahal, jika dihitung-hitung, uang tersebut kadang kala digunakan untuk hal-hal yang tidak penting atau kurang berfaedah.

Nah, alangkah baiknya jika anak kos juga belajar untuk menabung demi membentuk kebiasaan. Setelah terkumpul, uang tabungan tersebut pun bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat.

Berikut beberapa tips menabung bagi anak kos yang bisa kamu terapkan:

 

1. Masak Sendiri Dijamin Lebih Hemat

Pada beberapa kos, tersedia dapur umum yang bisa digunakan secara bersama-sama. Ini adalah salah satu opsi bagi kamu yang ingin berhemat dengan tidak terlalu sering jajan di luar. Jadi, kamu bisa berbelanja stok bahan makanan di pasar, lalu simpanlah di kulkas. Kemudian, kamu bisa memasaknya sesuai porsi yang dibutuhkan setiap hari.

Memasak nasi sendiri juga bisa lebih hemat dibandingkan membeli. Kamu bisa menggunakan strategi membeli lauk untuk satu hari, lalu membaginya untuk dimakan pada pagi, siang, hingga malam hari. Tentu saja, kamu harus bisa melawan rasa bosan karena makan menu yang sama berturut-turut.

2. Atur Pengeluaran Harian

Mengatur pengeluaran harian tampaknya belum menjadi budaya bagi sebagian besar anak kos. Pasalnya, uang selalu datang setiap bulan tanpa harus bersusah-susah. Ini membuat keinginan untuk membelanjakan uang lebih besar dan mudah dibandingkan menabungnya.

Nah, mulai sekarang cobalah untuk melakukan pengelolaan yang baik dan teratur. Beli buku khusus untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Dengan catatan tersebut, kamu pun akan lebih tahu ke mana saja uang tersebut digunakan.

Pada saat menerima kiriman dari orangtua, kamu perlu terlebih dahulu merancang pengeluaran. Tentukan pos-pos pengeluaran yang harus dipenuhi, seperti biaya kuliah, biaya untuk sehari-hari, biaya untuk bergaul, biaya lain-lain, dan pastinya porsi uang untuk ditabung.

3. Kurangi Jadwal Main ke Mal

Siapa sih yang tidak suka main ke mal? Tempatnya berhawa sejuk, penuh dengan lampu-lampu dan dekorasi menarik. Kamu juga bisa berbelanja dan menikmati berbagai jenis kuliner dalam satu area. Sambil nongkrong bersama sahabat di kafe langganan, main ke mal telah menjadi gaya hidup anak muda masa sekarang.

Namun, tahukah kamu jika sering mengunjungi mal berarti ada banyak godaan yang harus ditangkis. Misalnya, ketika melihat sepatu yang berbentuk “lucu” dan cantik atau jaket yang keren, kamu pasti tidak akan sanggup menahan keinginan untuk membelinya. Mumpung di dompet masih ada uang atau kartu debit masih terisi penuh, kamu pun langsung memutuskan untuk membelinya.

Jika sudah begini, keinginan untuk menabung akan tersingkirkan dengan mudah. Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya jauhkan diri dari mal. Namun, sesekali bermain ke mal untuk melepaskan kepenatan pikiran sebenarnya tidak apa-apa.

4. Pilih Nonton Film di Kamar daripada di Bioskop

Kesan yang dirasakan ketika menonton film di bioskop memang berbeda dengan ketika menonton di rumah sendiri. Di bioskop, ada sound system yang sangat mendukung. Suasana pun begitu ramai. Tentu kamu akan lebih tertarik untuk menonton di bioskop.

Namun, tahukah kamu bahwa film yang sama bisa dinikmati dengan duduk santai di depan televisi atau monitor komputer? Kamu hanya perlu mengakses aplikasi penyedia film dan drama terbaru yang kini banyak tersedia. Dengan pilihan ini, kamu sudah hemat sebanyak beberapa puluh ribu yang sedianya akan digunakan untuk membayar tiket, camilan, dan transportasi.

5. Selalu Bawa Bekal Air Minum Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Begitu pula jika kamu bepergian ke kampus atau tempat lain, selalu bawalah air minum sendiri supaya tidak perlu lagi membelinya. Jika dalam sehari kamu seharusnya membeli 3 botol air kemasan, itu berarti kamu sudah menghemat uamg cukup banyak. Tambahkan uang tersebut dalam tabunganmu.

6. Stop Membeli Barang Tak Berguna

Kamu mungkin bukan tipe orang yang gila berbelanja. Namun, kadang-kadang kamu membeli beberapa barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Hal ini tentu bukan kebiasaan yang baik karena hanya membuang-buang uang yang seharusnya bisa digunakan untuk keperluan lain.

Triknya, sebelum membeli sebuah barang, lakukan analisis sederhana terlebih dahulu. Renungkan apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut atau tidak? Jika ya, lihat juga apakah benda yang dibeli tersebut sesuai dengan kebutuhan (mulai dari ukuran, warna, model, dan sebagainya).

Jadi, setelah membelinya, kamu benar-benar puas menggunakannya dan tidak ditelantarkan begitu saja.

7. Buat Tabungan Khusus

Kamu ingin lebih fokus menabung? Caranya adalah dengan membuat tabungan khusus. Saat ini, ada jenis tabungan yang minim biaya administrasi sehingga kamu tidak perlu membayar mahal. Biasanya, jenis tabungan ini juga memiliki fitur terbatas sehingga tidak bisa digunakan untuk kebutuhan gesek tunai.

Cara mendapatkannya tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu datang ke bank terdekat dan membuka tabungan baru. Nah, dengan pembagian ini, uang tabungan tidak bercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

8. Beli Emas Sebagai Tabungan

Kalau kamu malas ke bank untuk buka rekening khusus untuk menabung. Kamu bisa coba beli emas di Tamasia. Caranya mudah dan dengan aplikasi Tamasia kamu bisa beli emas mulai dari Rp10.000,- saja.

Kelebihan dari menyimpan emas sebagai tabungan adalah nilai emas yang terkenal tahan terhadap inflasi. Sehingga setelah kamu lulus dan tidak jadi anak kos lagi kamu akan terkejut yang sudah berhasil kamu kumpulkan.

Selain itu karena emas tidak seperti tabungan bank yang ber ATM, maka kamu akan aman dari berbagai godaan berbelanja.

9. Tabung Uang Receh

Cara terakhir yang tak kalah efektif adalah selalu menabung uang receh yang kamu terima sebagai kembalian. Uang receh, meskipun nilainya kecil, pasti akan semakin banyak jika dikumpulkan dalam jangka waktu yang lama. Jadi, jangan sampai dibuang-buang, ya.

Nah, itu dia beberapa cara menabung ala anak kos yang bisa kamu coba praktikkan. Semoga berhasil.


Oh iya, sudah coba aplikasi Tamasia? Aplikasi ini cocok banget buat anak kos atau siapa saja yang ingin memiliki emas dengan budget minim. Karena di Tamasia kamu bisa beli emas mulai dari Rp10.000,- saja. Yuk, cobain beli emas langsung dari smartphone kamu. Download aplikasi Tamasia sekarang:

Download Aplikasi Android Tamasia


Facebook Comments

Leave a Reply