8 Tips Menikah dengan Bujet 50 Juta

By April 16, 2018Perencanaan Keuangan

Menikah tentu menjadi impian setiap pasangan. Kesiapan mental kamu dan pasangan adalah bekal utama sebelum membina rumah tangga. Selain itu, siap secara finansial juga menjadi tuntutan, mengingat biaya persiapan pernikahan dan pascapernikahan yang tidak sedikit.

Setiap pasangan yang berencana untuk menikah pasti menginginkan momen pernikahan yang berkesan dan tak terlupakan. Ada yang memilih menabung uang mereka sebagai bekal hidup berumah tangga dan dan menyelenggarakan pesta pernikahan secara sederhana. Ada pula yang memilih perhelatan megah dengan beragam rangkaian acara meriah. Apa pun pilihan kamu, semoga tidak mengurangi sakralnya momen yang diharapkan terjadi sekali seumur hidup ini.

Merencanakan Pesta Pernikahan dengan Bujet 50 Juta rupiah, Apakah Bisa?

Anggaran pernikahan harus direncanakan dengan baik agar seluruh keperluan pranikah dapat tercukupi dan tidak ada pembengkakan dana. Pada tulisan kali ini kita akan mencoba membedah penggunaan bujet nikah senilai 50 juta rupiah. Pesta pernikahan seperti apa yang kira-kira terwujud dengan bujet tersebut dan beberapa tips untuk mewujudkannya.

Nominal bujet nikah satu pasangan adalah sesuatu yang relatif bagi pasangan lainnya. Nominal tertentu dapat bernilai sangat tinggi bagi satu pasangan, pun halnya bernilai sangat kecil bagi pasangan lainnya. So, please read this article with a pinch of salt.

Pentingnya Menganggarkan Bujet dalam Merencanakan Pesta Pernikahan

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah membagi bujet total ke beberapa “pos” utama. Dalam membagi bujet tersebut, pastikan kamu mengurutkan prioritas dari setiap keperluan persiapan pernikahan untuk menghindari under-budget atau over-budget.

Berikut tips sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mengatur anggaran dana pernikahan:

1. Keperluan Resepsi

Terhitung 60% dari jumlah dana akan sepenuhnya digunakan untuk keperluan resepsi. Dengan presentase tersebut, maka jumlah dana yang dialokasikan untuk keperluan resepsi bernilai 30 juta rupiah. Jumlah yang tidak sedikit ini akan Anda gunakan untuk membiayai venue, katering, dekorasi dan backdrop, karangan bunga, dan biaya lainnya.

2. Keperluan Busana dan Make Up

Presentase yang dialokasikan untuk keperluan busana kedua mempelai adalah 10% dari bujet total. Dengan demikian, kamu dan pasangan harus pandai menggunakan 5 juta rupiah untuk busana. Anda dapat menyiasati bujet yang cekak ini dengan cara menyewa busana pernikahan di butik. Kamu bisa datang ke butik pilihan dan melakukan fitting. Dan pastikan juga pilih jasa rias pengantin dengan review baik agar kamu dapat tampil memukau meskiupun bujet yang dikeluarkan terbatas.

3. Keperluan MC dan Hiburan

Sama dengan keperluan busana, dana yang dialokasikan adalah sebesar 5 juta rupiah. Kamu mungkin tidak mendapati live Jazz performance oleh seirang artis ternama di tengah resepsi pernikahan kamu, tetapi banyak pilihan hiburan untuk mengisi acara pernikahan yang mampu menghidupkan suasana pesta Anda dengan bujet tersebut.

4. Keperluan Dokumentasi

Dokumentasi harus ada dalam daftar anggaran kamu. Momen bahagiamu harus diabadikan dengan pertimbangan yang matang. Memercayakan kepada professional akan mengurangi risiko hasil gambar dan video yang melenceng dari harapan.

5. Keperluan Undangan dan Suvenir.

Alokasikan dana sebesar 3% dari total bujet untuk keperluan keduanya. Di sini, kamu harus jeli mengatur pengeluaran. Undangan yang kamu pilih bisa berupa undangan digital bila itu memungkinkan. Dengan demikian, kamu dapat memotong biaya cetak undangan konvensional.

Untuk urusan suvenir, ada baiknya jika kamu terjun langsung dalam proses pemesanan langsung ke produsen. Harga suvenir memang beragam; jika kamu ingin alokasi dana sukses, kamu harus giat mencari penawaran termurah. Dengan memesan sendiri suvenir pernikahan langsung ke produsen, kamu dapat menghindari harga suvenir toko yang berkali-kali lipat. Seriously, yang Anda butuhkan hanyalah mulai bersahabat dengan Instagram untuk menemukan pengrajin yang cocok untuk suvenir tamu undangan.

6. Keperluan Upacara Pernikahan

Sisakan 2% bujet untuk mengurusi keperluan-keperluan yang berkaitan dengan prosesi akad atau pemberkatan nikah.

7. Keperluan Cincin Kawin

Dengan 2% alokasi dana, kamu dapat memperoleh sepasang cincin kawin yang melambangkan ikatan janji suci kamu dan pasangan. Tidak ada cincin berlian yang tersemat bukanlah masalah besar. Cincin kawin kamu akan lebih memiliki makna daripada bongkahan permata ketika kamu dan pasangan menginginkannya.

8. Keperluan Trasportasi dan Lain-lain

Sampai pada baris paling bawah, sebesar 3% dana dapat kamu alokasikan untuk keperluan transportasi, dan just-in-case fund untuk berjaga-jaga atas hal-hal yang tidak sepenuhnya berjalan sesuai rencana. Dana ini juga dapat dimanfaatkan di fase akhir persiapan pernikahan agar dapat digunakan untuk membayar keperluan lainnya yang tidak tercatat di daftar anggaran.

Meskipun semua keperluan tampak sudah lengkap dan terpenuhi oleh anggaran total, daftar di atas tidak mencakup semuanya. Contohnya adalah anggaran untuk busana para besan, bridesmaids dan groomsmen. Daftar di atas hanya berisi kemungkinan anggaran atas keperluan yang diprioritaskan. Jadi, tidak ada alokasi khusus untuk busana para besan atau pendamping mempelai wanita maupun laki-laki.

Keperluan lain yang tidak masuk ke dalam anggaran tersebut adalah anggaran seserahan. Anda dapat mengambil dana dari keperluan lain-lain untuk untuk melengkapi seserahan Anda, ketika berada di persiapan akhir pesta pernikahan.

Bonus Tip
Untuk menghindari bujet pernikahan kamu terpakai untuk keperluan lain, kamu dan pasangan dapat membuka akun bersama di salah satu bank untuk menyimpan “modal nikah” tersebut. Ketika tiba hari-hari membayar tagihan dari vendor, kamu dapat dengan mudah melihat saldo kamu berkurang karena keperluan pernikahan dan tidak tercampur dengan kebutuhan sehari-hari.

Memanfaatkan kartu kredit sebagai alat pembayaran juga membuka kesempatan untuk memperoleh reward dan cash back menarik. Pastikan kamu dan pasangan selalu menggunakan sistem kartu yang sama agar kesempatan menang lebih besar.


Agar kamu mudah siapin emas untuk mahar nikah, kamu bisa mulai beli emas di Tamasia mulai dari Rp10.000,- langsung dari smartphone kamu. Kamu bisa cetak emasnya dengan jumlah dan ukurang keping emas sesuai kebutuhan mahar kamu. Buktikan mudahnya beli emas buat mahar nikah di Tamasia, download aplikasinya sekarang:

Download Aplikasi Android TamasiaDownload Aplikasi iOS Tamasia

Facebook Comments

Leave a Reply