4 Kisah Pernikahan dengan Mahar Penuh Makna dan Inspirasi Memilih Mahar

By April 11, 2018Perencanaan Keuangan
inspirasi mahar penuh makna

Menikah adalah salah satu momen sakral dalam hidup seseorang. Saling mengucapkan janji setia di hadapan Tuhan dan membangun sebuah keluarga. Mendengarnya saja membuat hati merasa hangat ya, Brides.

Memastikan setiap detail pernikahan disiapkan dengan saksama adalah sebuah prioritas. Tidak terkecuali dengan mahar. Memilih mahar pernikahan bukanlah perkara gampang. Tugas menetapkan maskawin ini sering kali mengintimidasi para pria lho, Brides. Anggapan bahwa mahar harus berupa barang mewah menjadi salah satu alasannya.

Mahar sebagai Perwujudan Cinta yang Suci dan Mendalam

Mahar yang dipilih sepatutnya berdasarkan pada nilai-nilai luhur yang dijunjung oleh calon mempelai; nilai yang menjadi salah satu fondasi rumah tangga yang akan dibina. Jauh dari kesan mewah, berikut 5 kisah pernikahan dari Indonesia dengan mahar yang penuh makna:

1. Pernikahan Mohammad Hatta dan Rahmi

Menurut kamu, maskawin seperti apa yang diberikan oleh sosok Wakil Presiden pertama RI? Berlian? Perhiasan emas? Istana megah?

Salah besar!

Menurut Halida, putri bungsu Bung Hatta, ayahnya mempersembahkan sebuah buku filsafat karya beliau yang berjudul Alam Pikiran Yunani sebagai mahar. Maskawin tersebut dipilih oleh Bung Hatta karena menganggap apa yang beliau curahkan di dalam buku tersebut bernilai lebih tinggi dari harta apa pun yang mampu beliau beli atau miliki.

Halida menambahkan, pernikahan yang diawali dengan maskawin buku filsafat tersebut dihiasi dengan kebahagiaan dan keromantisan sang Proklamator kepada sang istri selama 35 tahun.

2. Pernikahan Oky Setiana Dewi dan Vitrio

Vitrio yang merupakan seorang pengusaha, meminang Oky Setiana Dewi pada tanggal 12 Januari 2014. Mahar yang diberikan Vitrio kepada Oky adalah 12 gram emas dan uang tunai senilai 10 dinar dan 1 juta rupiah. Angka 12 dan 1 dalam maskawin tersebut mewakili tanggal pernikahan mereka dalam penanggalan Masehi.

Tampak mainstream? Tunggu dulu!

Menurut penuturan Vitrio, momen pernikahan mereka bertepatan dengan 10 Rabiul awal penanggalan Hijriah. Tanggal tersebut merupakan tanggal pernikahan Nabi Muhammad SAW. Keduanya menjelaskan bahwa tanggal dan mahar itu sengaja dipilih agar keduanya selalu berkiblat kepada ajaran Rasul dalam membina rumah tangga.

3. Pernikahan Andien Aisyah dan Ippe

Pernikahan penyanyi Jazz cantik Andien Aisyah dengan seorang fotografer dan pengusaha bernama Irfan Wahyudi (Ippe), diselenggarakan di Pine Forest Camp. Prosesi sakral nan romantis di bawah naungan pohon pinus ini sangat intimate karena dihadiri oleh keluarga dan sahabat terdekat saja.

Bahkan bertambah romantis ketika Ippe menuturkan makna di balik maskawin seperangkat alat salat dan cincin emas sebesar 5 gram darinya untuk Andien. Maknanya agar sang istri rajin mendirikan salat, serta cincin di jari manis untuk mengingatkan waktu salat. Sangat romantis ya, Brides.

4. Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Pernikahan di akhir tahun 2017 lalu ini menjadi sorotan seantero negeri. Pernikahan dari putri orang nomor satu di Tanah Air ini mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat karena penyelanggaraannya yang “bersahaja”. Kahiyang Ayu, Putri kedua Presiden Joko Widodo disunting oleh Bobby Nasution dengan mahar seperangkat alat salat dan emas 80 gram.

Menurut Bobby, angka 8 dan 0 yang penulisannya selalu terhubung melambangkan harapan mereka untuk terus mencintai satu sama lain. Tanggal pernikahan keduanya pun jatuh pada tanggal 8 November 2017; yang melambangkan keabadian cinta kasih keduanya.

Inspirasi Memilih Mahar Penuh Makna

Sekali lagi, mahar tidak harus mahal dan mewah. Mahar yang diperoleh dengan halal dan didasari dengan filosofi dan nilai suci akan membuat keberadaannya lebih bermakna. Hal lain yang patut diperhatikan adalah keunikan dari mahar itu sendiri.

Mahar yang unik dan berbeda akan membuat pengalaman mengikat janji semakin tidak terlupakan. Berikut beberapa inspirasi memilih mahar unik khusus untuk kamu, Brides.

1. Mengukir Mahar dengan Potongan Kenangan Bersama Pasangan

Perhiasan adalah salah satu contoh klasik mahar yang tidak pernah mati. Memberikan mahar berupa cincin dengan ukiran inisial nama pasangan mungkin sudah biasa. Untuk membuatnya lebih unik, kamu dapat memberi ukiran lain pada cincin atau perhiasan mahar.

Tanggal-tanggal penting seperti tanggal pernikahan atau tanggal ulang tahun pasangan dapat menjadi altenatifnya. Selain itu, panggilan sayang seperti my world, love of my life dapat diukir di dalam mahar. Nama tempat kencan atau tempat pertama kali bertemu dapat pula menjadi pilihan yang tak kalah menarik untuk disematkan di salah satu perhiasan mahar.

2. Desain Mahar yang Trendi

Mahar sering kali hadir dalam bentuk karya seni. Tidak terkecuali dengan mahar 3D papercraft lowpolypaper. Kamu dapat memesan desain mahar dengan rekayasa wajah kamu dan pasangan dalam bentuk 3D yang trendi dan berbeda. Selain itu, kreasi pop up 3D juga dapat kamu pilih dengan latar tema sesuai impian kamu dan pasangan.

3. Mahar Berdasarkan Hobi

Kamu dan pasangan memiliki hobi yang sama? Apa reaksi kamu jika pasangan memberi mahar yang berkaitan dengan hobi kamu? Histeris atau bahagia?

Memilih mahar unik dan berbeda dapat dimulai dengan melihat hobi pasangan. Memberikan sesuatu yand disukai sambil menunjukkan betapa pentingnya pasangan hingga detail terkecilnya. It will worth trying. Seperti duo gamers yang memilih bitcoin sebagai mahar beberapa waktu lalu, maskawin berdasarkan hobi sangat mungkin untuk diwujudkan lho, Brides.

4. Menyelipkan Sentimen Religius dalam Mahar

Apa yang lebih romantis daripada mahar yang mengajak pasangan untuk lebih dekat dengan Penciptanya? Jawabannya, mungkin tidak ada. Mahar dengan filosofi religious akan menambah sakral ikatan pernikahan kamu.

Memberikan mahar dengan didasarkan pada perlambangan tertentu seperti yang dilakukan suami Oky Setiana Dewi dan Andien Aisyah di atas adalah salah satu contohnya. Memberikan suatu barang berharga, seperti emas, dengan ukiran potongan ayat dari kitab agama tertentu adalah ide yang unik pula.

Semoga tulisan di atas bisa memberikan inspirasi buat kamu yang sedang mempersiapkan mahar terbaik untuk calon pasangan kamu.


Ingin mahar pernikahan dalam jumlah unik atau mau mulai ngumpulin emas buat mahar mulai dari sekarang? Kamu bisa beli emas buat mahar di Tamasia. Menariknya lagi di Tamasia kamu bisa beli emas mulai dari Rp10.000,- saja. Buktikan mudahnya memilki emas untuk mahar nikah dengan Tamasia, donwload aplikasinya sekarang:

Download Aplikasi Android TamasiaDownload Aplikasi iOS Tamasia

Facebook Comments

Leave a Reply