4 Hal Inikah yang Jadi Kekurangan Tabungan Emas Pegadaian?

By October 13, 2017Investasi
kekurangan tabungan emas pegadaian

Besarnya minat masyarakat menabung dalam bentuk emas tak luput dari perhatian berbagai perusahaan jasa keuangan. Salah satunya adalah Pegadaian yang hadirkan produk tabungan emas. Apakah Anda berencana membuka tabungan emas dan ingin mengetahui kekurangan tabungan emas Pegadaian?

Sejak dulu hingga kini emas jadi salah satu pilihan favorit masyarakat Indonesia sebagai bentuk tabungan untuk mempersiapkan keperluan di masa depan. Sebagai “safe heaven” yang tahan terhadap inflasi ini dinilai masyarakat cocok sebagai bentuk tabungan untuk keperluan jangka menengah dan jangka panjang seperti persiapan dana pendidikan anak, sebagai tabungan haji, dan lain sebgainya.

Meskipun emas menyandang status “safe heaven”, namun emas punya kekurangan. Salah satunya adalah soal penyimpanan emas batangan yang aman. Pada umumnya jika jumlah emas batangan yang disimpan mulai banyak, diperlukan brankas yang aman atau menyewa safe deposit box di bank untuk menyimpan emas.

Kekurangannya yang lain adalah ketersediaan emas batangan dengan besaran gram yang Anda ingin beli terkadang tidak selalu ada di toko atau gerai emas di dekat kita. Sehingga untuk mendapatkan ukuran emas yang ingin kita beli harus cek ke beberapa toko atau di gerai emas yang jauh dari tempat tinggal atau tempat kerja Anda.

Ketersediaan ukuran gram emas batangan saat ini juga menyebabkan emas tidak mudah dimiliki oleh semua kalangan. Jika emas batangan dijual dalam ukuran yang lebih kecil lagi harganya akan jadi lebih terjangkau. Namun sayangnya selain nilainya jadi tidak efisien untuk investasi, ukuran yang terlalu kecil akan lebih rawan hilang.

Agar semua kalangan masyarakat dapat membeli emas, bermunculanlah produk-produk tabungan emas dan cicilan emas yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan dan perbankan. Salah satunya adalah tabungan emas pegadaian yang diluncurkan di tahun 2015.

buka tabungan emas pegadaian

Pegadaian seperti yang kita semua ketahui adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor keuangan. Pegadaian memiliki tiga lini bisnis yaitu pembiayaan, emas dan aneka jasa.

Cikal bakal munculnya Pegadaian diawali dari Pemerintahan Belanda (VOC) yang mendirikan Bank van Leening sebagai lembaga yang memberikan kredit dengan sistem gadai. Lembaga ini pertama kali didirikan di Batavia pada tanggal 20 Agustus 1746.

Seiring berjalannya waktu Pegadaian mengalami berbagai dinamika perubahan. Di era kemerdekaan status Pegadaian sempat berubah-ubah dari perusahaan jawatan menjadi perusahaan  umum. Dan kini Pegadaian menjadi perseroan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No.51/2011 yang ditandatangani pada 13 Desember 2011.

Pegadaian hadirkan layanan tabungan emas untuk menggarap potensi pasar yang cukup besar di Indonesia. Layanan tabungan emas pegadaian ini diharapkan dapat mendukung program Pemerintah dalam mengajak masyarakat menegah ke bawah untuk berinvestasi.

Beberapa hal ini membuat orang tertarik buka tabungan emas:

  • Lebih terjangkau. Karena pada umumnya dengan membuka tabungan emas Anda dapat mulai menabung emas dengan nilai nominal yang cukup rendah.
  • Lebih mudah. Anda tidak perlu lagi harus datang langsung untuk menabung emas, karena bisa dilakukan dengan cara transfer bank. Tidak perlu repot membuang tenaga dan waktu untuk antri.
  • Lebih aman. Umumnya bila nilai simpanan emas batangan bertambah orang akan mencarai cara untuk mengamankannya. Anda tidak perlu pusing soal keamanan dalam menyimpan sendiri emas Anda bila menggunakan tabungan emas.

Namun mungkin Anda juga ingin mengetahui kekurangan tabungan emas pegadaian:

  1. Untuk membuka tabungan emas di pegadaian Anda harus mendatangi kantor cabang pegadaian untuk mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas. Jangan lupa membawa fotocopy identitas diri seperti KTP / SIM / Paspor yang masih berlaku untuk pendaftaran.
  1. Saat artikel ini dibuat, dari yang tertulis di website Pegadaian layanan tabungan emas Pegadaian sementara hanya tersedia di Kantor Cabang Piloting. Jadi pastikan terlebih dahulu cabang pegadaian yang akan Anda datangi memang sudah bisa melayani pendaftaran tabungan emas.
  1. Anda akan dikenakan biaya adminitrasi sebesar Rp. 10.000,- dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp 30.000,-.  Sehingga pastikan Anda juga telah memperhitungkan tambahan-tamabahan biaya ini.
  1. Kemudian jika tabungan Anda telah mencapai jumlah gram tertentu dan ingin mencetaknya, saat tulisan ini dibuat Anda harus ke Kanotr Cabang tempat Anda melakukan pembukaan rekening tabungan emas. Jangan lupa bawa buku tabungan emas pegadaian dan identitas diri yang asli.

Nah, semoga dengan mengetahui 4 hal di atas Anda bisa menghitunga-hitung kembali sebelum membuka tabungan emas pegadaian. Bandingkan juga dengan aplikasi beli emas online Tamasia yang memudahkan Anda dalam mendapatkan emas Antam.

Facebook Comments

Leave a Reply